Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Friday, January 27, 2017

Diet Ketofastosis

Setelah metode diet saya yang terakhir yaitu Diet GM, kali ini saya mau cerita tentang diet terbaru yang sedang dijalankan, tapi bukan berarti diet yang kemaren itu gagal ya, saya bisa menurunkan bb sampai 3 kg tapi seiring waktu yaaa naek lagilah meskipun lebih terkontrol secara gitu ya suami dan partner kerja saya suka banget kuliner.

Semua teman kantor saya selalu bilang mau ngecilin apa lagi sih, badannya udah ideal ko, ga gemuk, tapi mereka ga tau ni paha kalo dibawa jalan sering bergesek, saat pake celana panjang atau pendek sih emang ga masalah tapi pas pake rok yang malah bikin ga nyaman, selain bergesek juga berkeringat di sela-sela paha yang nempel itu. Bisa diatasi sih dengan olahraga tapi saya orangnya malas dan ga kuat olahraga selain yoga, cari kelas yoga belum ada yang pas jam latihannya *cari alasan*

Perut buncit saya sebenernya udah menyusut dengan rutin memakan bawang putih tunggal setiap hari, malah mitos bawang putih bisa bikin bau badan itu sama sekali ngga bener, bau badan saya biasa saja sama seperti sebelum mengkonsumsi bawang putih. Tapi lihat berat badan saya yang mulai merangkak naik lagi dan celana juga mulai sempit jadi bikin rada panik. Mau GM lagi ga semangat, tetiba teringat diet yang sedang dijalankan sahabat saya, yaitu diet keto.

Awal tahun lalu saya sempet sih cari tahu diet ini, dulu sahabat saya bilang ini diet ketogenik, setelah gogling ternyata diet ini diperuntukan bagi penderita ayan dan harus dengan pengawasan dokter, saat itu langsung melupakan diet ini. Lihat dia ketika menjalankan diet agak serem juga sih, semua jeroan dia makan,  yang berlemak dia hajar, hmmmm diet apa ini yang ada malah bikin penyakit. Dia meyakinkan saya kalau diet ini malah bisa menyembuhkan banyak penyakit dan bisa berhasil menurunkan bb dengan cepat, ya emang ngga bisa dipungkiri sih lihat perutnya sudah terlihat mengecil. Tapi saya belum berani mencoba.

Sebulan yang lalu ketika buka-buka facebook, muncul sebuah grup namanya Ketogenic Indonesia (KI), salah satu anggotanya ya sahabat saya itu, iseng saya add pengen tahu isinya, setelah baca semua sharing anggotanya, baca komen-komennya, lihat gambar after beforenya, jadi tertarik pengen nyoba juga. Ternyata yang dijalankan sahabat saya itu bukan Ketogenik tapi Ketofastosis meskipun memang dasarnya diambil dari diet ketogenik.


Ketofastosis itu apa sih ? ternyata beda loh dengan ketogenik yang saya gogling tempo hari. Diet ini merupakan gabungan antara ketogenik dan fastosis. Ketogenik merupakan sebuah pola makan yang rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan protein sedang. Fastosis adalah puasa dalam kondisi ketosis. Ketosis itu sendiri adalah kondisi dimana liver manusia memproduksi ketone untuk digunakan sebagai bahan bakar energi yang digunakan seluruh tubuh terutama otak. Ketosis terjadi ketika tubuh tidak lagi ada asupan karbohidrat atau glukosa sebagai sumber makanan untuk diproses menjadi energi. Untuk lebih jelasnya bisa buka protokol diet ini, jika kita mengikuti semua aturan diprotokol in syaa Allah hasilnya seperti yang kita mau, sehat dan langsing. Dan harus siap dengan komen-komen orang-orang disekitar kita yang saking sayangnya akan nyuruh kita stop diet dan nyinyir.

Dalam menjalankan diet ini, saya ajak suami dan 3 sahabat di kantor supaya bisa sama-sama saling mendukung. Suami diajak tidak dengan pemaksaan seperti waktu mau diet mayo, saya print out dulu semua protokolnya dan diperlihatkan juga foto-foto after before, malah saya buka faceboknya buat add grup KI supaya dia bisa mengikuti update infonya. Saya tidak berharap banyak dia bisa ikut, ga mau maksa lagi kaya waktu diet mayo tapi ternyata dia setuju katanya sih masuk akal karena ada pola puasanya (puasa makan bukan puasa minum) yang bisa menurunkan kadar gula dan pastinya berat badan berkurang. 

Saya akan update setiap kemajuannya smp bb suami sesuai target, KF dimulai tanggal 27 Oktober 2016


update 26 November 2016

Ga berasa hari ini tepat satu bulan kami mengubah pola makan dari pemakan karbo dan gula menjadi pemakan lemak saja. Kami mulai dengan menyiapkan amunisi yang wajib disiapkan untuk pemula seperti VCO dan teh hijau, bisa ditambah immunator honey (IH) tapi harganya lumayan maharani. Manfaat dari IH ini adalah untuk meningkatkan imun tubuh kita dikala proses penyembuhan atau healing crisis (HC) sedang berlangsung. HC adalah proses dimana tubuh sedang berusaha mengeliminasi dan mengeluarkan segala bentuk kotoran yang tersimpan didalam tubuh yang mengganggu keseimbangan dari fungsionalitas seluruh sel-sel ditubuh. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini.

HC yang kami rasakan selama sebulan ini, datangnya ga sekaligus, ada jeda dulu dimana badan tiba-tiba enak dan berenergi lalu si HC datang tanpa permisi dan pergi juga ga pamit, tiba-tiba badan seger aja. HC akan berbeda pada setiap orang, tergantung pada riwayat penyakitnya. 

HC yang saya rasakan : 
  • Mual, ngantuk terus, kleyengan, migren, diare selama 4 hari 
  • Muntah dan diare seharian
  • Gatal diseluruh tubuh terutama bagian wajah
  • Darah haid kaya cingcau item dan bau banget
  • Air kencing bau dan berbusa
  • Napas terasa berat tp bukan serangan asma
  • Hidung bersin dan meler setiap jam 2 subuh
  • Tangan kanan tiba-tiba sakit banget, gerakin tangan ngambil mouse aja sakit dan berat banget, untungnya cuma sehari
  • Kulit wajah bruntusan yang menyisakan noda putih kaya panu
  • Mimpi buruk 3 hari berturut-turut, bukan mimpi hantu tapi mimpi kecemasan-kecemasan saya yang selalu hadir dipikiran, terbangun dengan napas tersengal-sengal dan langsung ngucap alhamdulilah karena cuma mimpi

HC yang suami rasakan :
  • Mual, kleyengan, muntah, diare
  • Muncul benjolan benjolan kecil di bawah ketiak dan payudara

HC nya banyak saya ya :( ya iyalah peyakit saya kan banyak, dari umur 1 tahun udah didoping terus sama antibiotik sampai bulan lalu.

Selama sebulan itu, bb saya turun dari 55 ke 48 sedangkan suami dari 82 ke 76, sementara lingkar pinggang saya menegcil dari 82 ke 76,5 dan suami dari 105 ke 83. Temen-temen kantor saya mulai deh pada rese, bilang kaya nenek-nenek, muka jadi kelihatan lesu, ngga seger dan banyak lagi. Mereka ngga tau saat saya lagi lemah dan lesu itu lagi kena HC tapi buat apa saya jelasin mereka ga akan ngerti. Dan lucunya setelah ngejek saya kaya nenek-nenek ehhh dia pengen juga ikutan keto :D Sebelum ikut keto, suami saya gula darah puasa 140 setelah makan 280, sebulan ikut keto gula darah  puasa jadi 90 dan setelah makan 104, Asam uratnya dari 7 menjadi 5. Sedangkan saya belom pernah periksa apa-apa karena malas ketemu jarum X_X

Manfaat lain setelah sebulan keto, buat saya adalah :
  • Migren ga pernah kerasa lagi
  • Rambut ga rontok
  • Flek wajah mulai menipis
  • Rasa sakit pasca kecelakaan dikaki hilang
  • Saat haid ga kerasa mules dan sakit
  • Maag dan asam lambung ga pernah kerasa lagi

Sedangkan bagi suami saya :
  • Ga pernah lagi konsumsi obat hipertensinya
  • Bangun pagi ga pernah sakit kepala lagi
  • Sakit lutut hilang
  • Moodnya lebih bagus, biasanya kalau pulang kerja selalu merengut sekarang selalu senyum
  • Energinya bertambah, latihan fire bisa 2 kali pengulangan biasanya 1 kali aja udah loyo
  • Bisa makan santan tanpa langsung kembung dan mual
  • Mulai bisa menjauh dari kopi, biasa kalau ga ketemu kopi pahit sehari aja langsung migren
  • Jarang kentut, biasanya 30 menit sekali pasti kentut 

Dari mulai KF1 sd KF30, ada kalanya juga kita merasakan kangen makanan karbo dan gula seperti gorengan, pempek, kerupuk, peyek, batagor, siomay, kue-kue pasar, donat, roti, dan lainnya lagi kecuali nasi. Selama sebulan pernah cheating ngga ? oohhhh pernah banget apalagi saya, pernah makan kerupuk pedas habis 2 bungkus, gorengan bakwan dan combro, peyek udang, dan jagung langkoseng abis satu toples, sementara  suami katanya sih cuma cheating combro dua aja sama peyek udang waktu cheating barengan. Efeknya ? hmmmm ga nahan deh, dari mulai mual, muntah, diare, kembung, sendawa ga berkesudahan, perut berasa ditonjok, kleyengan, lemes. Hal ini terjadi karena tubuh kita sedang mengeliminasi asupan makanan yang dianggap berbahaya, badan langsung memberikan alarm, setelah itu akan muncul lagi HC, deuuhhh jadinya ga selesai-selesai HCnya gegara ulah sendiri. Kalau udah berasa efeknya suka langsung janji ga mau cheating lagi tapi pas godaan ada didepan mata kadang ngga kuat nahan :'(


kalau weekend sering masak sendiri, selebihnya banyak beli diluar 
menu keto friendly
ini menu kalau jajan diluar, abaikan kecap dan bumbu kacangnya, ga pernah kita makan
ada yg terlihat beda ga dari sang suami ? :D
Before - After Keto : sebelah kiri diambil tahun 2014 itu belom terlalu gemuk lho, cari foto terbarunya waktu masih subur ga ada, yang kanan peyutnya dah mulai kempes dan wajahnya tirusan, bener ga ?

update 31 Desember 2016

Telat apdet nihh gegara kerjaan akhir tahun...

Hari ini kita udah KF64 artinya sudah menjalankan ketofastis 64 hari, perubahan dari KF 30 belum terlalu banyak kecuali lingkar pinggang suami sudah menyusut 10 cm, bb nya dia sebulan ini turun 2 kg kalau ditotalin dari awal KF sudah turun 8 kg, dari 82 jadi 74 terhitung kurang cepet sih kalau dibandingin sama temen-temen KF lain karena suami ngga mau nambah jam puasa makan, masih tetap 8 jam, kalau diprotokol kan harusnya semakin ditambah, belum lagi dia suka naek fase seenaknya :D sementara bb saya sempet terjun bebas ke 45 saat yayang HC lagi mampir, setelah beres HC mau ngga mau saya naik fase aja karena dari awal KF GDP udah 76,  udah masuk kategori boleh naik fase tapi karena nemenin suami biar betah diinduksi terpaksa selama 53 hari ga naek-naek fase. Dan bener kan begitu saya naek fase konsol, suami juga ikutan X_X bodo amatlah karena saya ngga mau terlalu kurus juga, liat tulang udah pada menonjol ga enak dilihat.

Naek fase konsol udah bisa makan sayuran, kacang-kacangan, dan protein nabati, ditambah cheating-cheating dikit *yang ini NGGA BOLEH* X_X Saya tinggalin dulu lemak banyakin protein nabati kaya tahu tempe, tiap hari makan ketoprak tapi bumbunya minta ngga pake gula, ga pake lontong, ga pake bihun mpe mamang ketopraknya bingung. 4 hari diisi sayuran dan tahu tempe, bb mulai naek lagi, sekarang dipertahankan di angka 47-48

Sekarang saya mau cerita saat kedatangan yayang HC lagi, maaf ya kalau agak jorok

Dari hari ke 4 KF ni si ayang sebenernya udang malu-malu kucing muncul dibadan, tandanya setiap jam 2 pagi selalu keluar ing*s mpe jam 5 pagi. Nah di hari ke 39 dia udah berani tuh menampakan diri dengan cara datengin batuk berdahak dari mulai dahak bening mpe ij* kalau ke dokter kan udah langsung aja harus minum antibiotik karena warna batuk ij* itu tanda ada radang, untuk meyakinkan ini HC, saya hubungi suhu KF mas agus dan dia membenarkan, katanya HC lagi bersih bersih di paru jadi dahak harus dikeluarin semua, masalahnya ni dahak susah banget keluarnya, disaranin mas agus pake obat pengencer dahak, saya beli obat batuk yang bebas gula, 5 jam kemudian perut melilit langsung diare dan muntah mpe yang pait-pait kuning itu keluar. Hubungi lagi suhu, katanya kemungkinan obat batuknya ada karbonya, dia nyuruh pake ventolin aja atau dinebu, sempet ngga yakin sih karena setau saya ventolin itu kan buat obat saat serangan asma dateng, tapi nurut ajalah dan ternyata memang ventolin ini membantu melancarkan pengeluaran dahak.

Herannya nih selama batuk itu asma saya ngga kumat, kan biasanya sebelum ikut KF kalau batuk pasti asma, apalagi batuk berdahak suka bikin asma parah, jalan selangkah aja kaya naek gunung, ngos-ngosan dan berat di dada, obat semprot ventolin dan seretide pun udah ngga mempan harus langsung ketemu dokter buat dibikinin obat racikan, kalau tidur harus numpukin bantal mpe 6 dan minta dipijit dipunggung. Tapi selama batuk yang dimunculin ayang HC ini, asma saya malah enteng, tidur nyenyak walaupun dada bunyi grok-grokan akibat dahak dan bisa naek turun tangga berkali-kali tanpa sesek.

Hari ke 53 tiba-tiba batuk berhenti, ayang HC pergi tanpa pamit, ninggalin saya dengan bobot badan 45 kg karena sejak muntah-muntah itu jadi ngga mau makan apa-apa, bawaanya mual kalau kemasukan makanan, untungnya ada VCO dan IH meskipun berasa lapar tapi tetep berenergi.

Setelah si yayang HC pergi, saya mulai nakal lagi nih, mulai cheating-cheating makan kerupuk pedas, makan combro, makan mie goreng dan yang parah makan duren. Tau akibatnya apa ??? diare pastilah ya tapi yang paling parah saat kemasukan duren 1 biji, dada langsung berdebar kenceng dan kaki kaya mati rasa seperti gejala kalo mau kesemutan. Dan ini masih kerasa sampai saat ini saya lagi ngapdet X_X Cheating ini dilakukan berdua suami, sebelnya suami sih ngga parah-parah amat selain cuma diare dan kentut terus-terusan. Hadeuuuhhhh ini katanya karena saya udah ketosis sementara suami belum.

kita berdua udah terlihat beda kan ???


update 27 Januari 2016

Ga terasa udah 3 bulan ngurangin karbo dan gula, banyak perubahan dibadan ngga cuma lemak yang menghilang tapi sedikit demi sedikit flek d wajah mulai menipis, jarang banget kena sakit flu padahal cuaca lagi ngga bersahabat biasanya udah langganan batuk pilek, tapi asma masih bandel ngga mau pergi. Untuk sebulan kebelakang saya ngga mau bilang sudah menjalankan KF karena jujur aja kita penuh dengan cheating malah mungkin bisa dibilang tiada hari tanpa cheating, kalau saya sendiri sih cheatingnya cuma makan kerupuk tiap hari, selain dari itu ngga makan yang ngga dibolehkan dalam protokol. Ga ada pengaruh sama BB sih, masih tetap naek turun di angka 46-48 tapi kaki jadi sering pegal malah dah seminggu ini lutut seringkali sakit.

Begitu juga dengan suami saya, mulai banyak cheating karbo, terakhir lebih parah, MAKAN NASI....duhhh kalau yang ini sih saya jadi kesel. Awalnya sih ngga ngaku, cuma saya lihat banyak perubahan, lingkar pinggangnya nambah lagi 1,5 cm, BB naek 2 kg dan ngga turun-turun lagi, sering kentut, perutnya juga kembung, mulai gampang naek lagi emosinya, dan mudah ngantuk.

Jadi kesimpulannya KF kami gagal.

Mudah-mudahan bisa secepatnya kembali lagi ke jalan yang benar karena memang KF ini manfaatnya banyak tapi godaannya juga banyak.

After Before

READ MORE - Diet Ketofastosis

Thursday, January 26, 2017

Selamat Jalan Belahan Jiwa

RIP A.Mulia Zachra binti suhatma, wafat usia 76 tahun di Cirebon selasa tgl 18 agst 2015 jam 8.12 , dimakamkan di Sumedang jam 17.00

Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihkanlah ia dengan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagimana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya di dunia dengan rumah yang lebih baik di akhirat serta gantilah keluarganya di dunia dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka.

 Aamiin Aamiin Ya Rabbal 'Alamin

Sudah setahun ibu saya meninggalkan dunia ini dan baru berani untuk posting malam ini, entah karena sedang rindu atau sudah menerima kepergiannya.

Kepergiannya yang mendadak membuat saya masih shock meskipun memang dia sudah sakit stroke dan DM bertahun-tahun, tapi sehari sebelum dia pergi saya masih sempat menciumnya minta ijin untuk pulang karena harus masuk kerja setelah beberapa hari izin merawatnya di RS. Ketika ditinggalkan keadaannya jauh lebih baik, sudah mau makan, mau duduk dan nonton TV, kalau diajak ngobrol bisa jawab meskipun hanya dengan sepatah kata. 22 jam kemudian dapat telpon dari asisten kasi kabar nafasnya sudah hilang, saat itu saya dalam perjalanan menuju kantor, langsung balik arah masuk tol berharap bisa datang sebelum jasadnya sampai ditempat pembaringan terakhirnya. Dalam keadaan kaget ngga percaya, sedih, bingung sendirian karena suami lagi tugas ke Singapur, nangis sepanjang jalan sambil bawa kendaraan sendirian, ngga hapal jalan mpe nyasar berkali-kali dan sempet kaya orang bego nunggu didepan pintu keluar tol yang ternyata ditutup. Alhamdulilah bisa nyampe juga sebelum jasadnya datang, jadi bisa lihat dulu wajahnya untuk terakhir kalinya.

Banyak penyesalan dalam diri, saya sadar masih belum bisa membahagiakan seorang ibu, masih suka memendam rasa kesal ketika dia mulai rewel dan cerewet, seringkali menunda ketika dia nyuruh atau meminta tolong, sedikit sekali waktu yang saya berikan untuk berada disisinya menghiburnya mengobati rindunya kepada saya. Selalu teringat ketika saya mendapat ujian paling berat dalam hidup, dia ada disisi saya, merawat saya padahal diapun sedang sakit. Semua itu terasa setelah dia pergi, maka tidaklah heran orang-orang yang sudah kehilangan orang tua terutama ibu pasti akan selalu mengingatkan kepada kita "jagalah dan bahagiakan ibu selama dia masih ada"



satu bulan sebelum Allah memanggilnya


SELAMAT JALAN MAH...
MAAFKAN ANAK GADISMU SATU-SATUNYA INI YANG SELALU MENGECAWAKAN, 
TAWAMU, BELAIAN TANGANMU,  PASTI AKAN SELALU KURINDUKAN










READ MORE - Selamat Jalan Belahan Jiwa

apa kareba tanah leluhur kakek buyut !!!

25 tahun yang lalu, kakek saya pernah bercerita tentang leluhur keluarga kami, kakeknya kakek saya alias kakek buyut saya *jauh bener ya jalurnya* adalah seorang perantau. Dia adalah lelaki dari daerah sulawesi yaitu makasar, merantau ke tanah jawa tepatnya ke cirebon lalu menikah dengan gadis asal trusmi. Salah satu anaknya menikah dengan gadis asal Sumedang dan melahirkan kakek saya, ayah dari bapak saya. Dia juga bercerita bagaimana si kakek buyut saat ikut berjuang melawan penjajah.  Dari cerita itulah kemudian ketiga kakak saya sepakat jika anak-anak mereka lahir maka nama kakek buyut kami akan disematkan. VZ Arisa, VM Arisa, DL Arisa, SL Arisa, TB Arisa, JA Arisa, JW Arisa bahkan kakak keduaku menyematkan nama Arisa dibelakang namanya. 

Kakek juga mendoakan semua keturunannya harus bisa menginjakkan kaki di makasar, saat itu kami cuma bisa mengaminkan ngga terbayang bagaimana caranya bisa melintas pulau. Tapi satu persatu akhirnya doa kakek saya terkabul, bahkan kakak kedua saya sempat tinggal di makasar selama setahun. Bersama paman yang sedang menetap disana selama masa tugasnya, mulailah mencari barangkali masih ada kerabat kakek buyut kami yang masih hidup, tapi karena infonya sangat sedikit dan kakek juga sudah meninggal, akhirnya  misi tidak tercapai.

Daaaaannnn tahun ini adalah kesempatan saya untuk bisa menginjakan kaki di tanah leluhur kakek buyutku yayyy!!! 


Salama’ki Tapada Salama Makasar !

READ MORE - apa kareba tanah leluhur kakek buyut !!!

Wednesday, June 15, 2016

Menuju Negri Impian,,,Eropa 2016

yayyy !!! akhirnya penantian panjang saya berakhir juga, mimpi dari jaman esema pengen liat menara sutet di prancis, pengen liat kalerpulnya si neneng tulip di walanda, pengen liat seberapa miringnya pisa, dan tentunya pengen buktiin bener ga kalo bule-bule italy itu katanya ganteng-ganteng.


Rencananya sih pengen backpackeran, liat di grup BD kayanya lebih nyaman ngatur perjalanan sendiri, tapi ternyata tidak semudah yang dibayangkan, faktor teman perjalanan sangat berpengaruh dalam keberhasilan sebuah perjalanan mandiri, harus satu visi dan misi apa ingin menekan biaya perjalanan atau ingin kenyamanan, kebayangkan kalau beda ? yang satu pengen hemat, yang satu pengen nyaman, yang lainnya pengen hemat tapi nyaman, dari sisi masalah ini aja dah pasti ada yang menggerutu karena keinginannya ga kecapai atau kecewa karena ngga sesuai harapannya. Dan teman perjalanan kita juga harus yang ngerti apa itu perjalanan mandiri, semua diatur oleh kita sendiri, saat kejadian buruk terjadi ya mau ngga mau ditanggung bersama, jangan berharap ada penggantian seperti kalau ikut travel agent. Juga harus yang sama-sama mau ikut merencanakan, mencari info, dan mengatur semua perjalanan yang akan dilakukan bersama supaya pas hari H ngga ada yang tiba-tiba ngeluh karena merasa ngga sesuai harapannya *ko jadi curcol ya*

Bapernya ngga perlu dipupuk kali yaaaa, dijadikan pelajaran hidup aja buat pertimbangan kedepan kalau mau jalan-jalan lagi...ingat ! teman atau sahabat yang sudah puluhan tahun bersama, belum tentu bisa jadi travel mate karena selera dan sudut pandang yang pasti berbeda, kecuali kalau dari awal pertemanan itu dipertemukannya dalam sebuah perjalanan dimana seleranya pasti sama. 

Lanjut cerita ajah...Dari yang awal rencana mo jalan mandiri akhirnya kita sewa guide, alasannya ga usah ceritalah, bisa panjang narasinya. Kebetulan nih ada temen yang baru pulang jalan dari Eropa pake jasa guide orang Indonesia yang tinggal di Paris, tarif jasanya $100 per hari udah plus makan *kontak guidenya by request*  kita tinggal bilang negara dan kota mana saja yang ingin dikunjungi, sekaligus dia juga yang cariin hotel dan transportasi antar negara maupun kota. Hasil diskusi bersama disepakati mengunjungi 5 negara yaitu Belanda, Belgia, Perancis, Italy, dan Spanyol selama 14 hari. Standar sih ya tujuannya tapi negara-negara ini emang mimpi kita dari jaman abg, meskipun ada temen BD yang bilang itu tempat udah ngga aneh, ga unik dan semua orang pasti kesana, tapi ijk kan belom pernah 

Tiket pesawat udah kita beli di Garuda Fair setahun sebelumnya, meskipun harga promo tetep aja menurut saya kemahalan kalau dibandingkan dengan temen-temen BD yang biasa dapatkan *salah satu dari kami ga bisa kelain Garuda*. Dua bulan sebelum berangkat kita apply visa di kedutaan Belanda, daftar online dulu terus nanti dikasi jadwal kapan kami bisa datang. Cara apply bisa browsing sendiri ya, yang penting syarat yang diminta ada semua seperti paspor, pas photo, formulir permohonan, asuransi perjalanan, buku tabungan, dan tiket pesawat. Kalau saya sih ditambahin itinerary dan reservasi hotel. Untuk dua hal tersebut ngga diurus sama guidenya tapi ngarang sendiri, reservasi hotel lewat booking.com, pilih yang bayar ditempat dan setelah visa keluar batalin semuanya.

contoh formulir permohonan
itinerary

Setelah visa diterima, mulai  ngumpulin segala perlengkapan, menurut guide cuaca bulan maret 2016 masih sangat dingin terutama di Belanda, jadi saya bongkar lagi deh tuh perlengkapan musim dingin waktu ke Korea, mulai dari jaket tebal, sepatu, sarung tangan, kaos kaki, syal, dan kupluk. Belajar dari pengalaman waktu ke Korea, saya bawa sepatunya yang flat baik itu booth maupun  sneakers. Sedangkan amunisi makanan dibagi bersama seperti rendang, ikan asin balado, mie instan, snack, dan beras sekaligus dengan rice cookernya diboyong juga. Obat-obatan yang dibawa yang pasti obat asma, obat batuk racikan khusus untuk yang asma, antangin, bawang putih tunggal, dan minyak tawon. 

Berangkat dari Jakarta jam 11.30 malam, nyampe di Amsterdam jam 8.30 pagi...keluar dari bandara Schipol langsung disambut guide dan udara yang super dingin.

hahhhh !!! selamat bertemu kembali wahai udara dingin 


Dari bandara terus lanjut pake bus bandara menuju hotel Radisson Blue, kita titip sebagian perlengkapan dalam koper besar *dibolehkan nitip di hotel karena dihari terakhir akan menginap di tempat tersebut* kemudian lanjut menuju tempat tujuan selanjutnya dengan membawa koper kecil. 

cussss Italy

READ MORE - Menuju Negri Impian,,,Eropa 2016

Tuesday, May 31, 2016

Diet GM

Setelah kegagalan diet mayo X_X kali ini saya mau coba diet GM yaitu program diet yang digagas oleh perusahaan manufaktur automobile yang tujuannya untuk meningkatkan kesehatan para karyawannya. Program ini katanya terbukti bisa menurunkan berat badan sampai 8 kg selama 7 hari. 

Awalnya saya dapat info dari teman kerja, dia sih bilangnya dapat info dari dokternya, ternyata setelah saya tanya lebih lanjut dan lebih detail ternyata dari dokter whatsapp =)) setelah itu saya ajak beberapa teman dekat dikantor tujuannya sih biar lebih semangat, ternyata gayung bersambut semua mengatakan ok

Program dietnya cukup gampang ko dan ga bikin kesiksa kaya diet mayo, jadi selama 6 hari kita tinggalkan nasi, berikut lebih jelasnya lagi :

Hari Pertama: Buah-buahan, kecuali pisang. Di hari pertama ini hanya dibolehkan makan buah-buahan. Buah apa saja kecuali pisang. Boleh makan hingga kenyang. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah melon dan semangka.

Hari Kedua: Sayur-sayuran. Hari kedua hanya dibolehkan makan sayur-sayuran. Apa saja baik mentah maupun matang. Bisa dimasak tumis, sup ataupun rebus. Tidak ada batasan jumlah ataupun tipe sayuran dan boleh makan hingga kenyang.





Hari Ketiga: Sayur dan Buah. Di hari ketiga bisa mencampur menu sayuran dan buah-buahan. Tidak ada batasan jumlah dan boleh sebanyak yang diinginkan. Tetapi tetap tidak boleh mengonsumsi buah pisang.

Hari Keempat: Pisang dan Susu. Di hari keempat konsumsi pisang sejumlah 8 buah  serta 3 gelas susu. Tidak mengonsumsi jenis makanan lain.

Hari Kelima: Daging dan Tomat. 500 gr daging sapi dan 6 buah tomat menjadi menu utama di hari kelima. Tingkatkan konsumsi air putih untuk membersihkan sistem pencernaan. Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian.

Hari Keenam: Daging dan Sayuran. Di hari keenam boleh memakan kombinasi sayuran dan daging dalam jumlah yang tidak dibatasi.

Hari Ketujuh: Beras Merah, Jus buah, dan Sayuran. Di hari terakhir diet mulai kembali ke pola makan yang biasa dengan menu beras merah, jus buah serta sayuran.

Bisa kan ?! Kuat kan ?! Pasti berhasil deh

menu GM hari pertama sd hari kelima


Hari kedua saya makan full  sayuran rebus, di hari ketiga dan keenam saya mulai makan sayuran seperti gado-gado biar ada rasanya. Hari keempat cuma bisa muat 4 pisang. Hari ketujuh ngga pake nasi merah langsung nasi putih. Selain dari itu semua sesuai anjuran.

Selama dua hari kotoran saya sangat hitam, hari berikut sampai dengan terakhir normal kembali *maaf agak jorok* 

Setiap hari saya timbang badan, hari pertama 59 kg, hari kedua dan ketiga 56 kg, hari kelima 55 kg, dan sampai hari ketujuh ngga turun lagi :( jadi selama seminggu hanya turun 4 kg...ngga sesuai harapan sih target turun 5 kg tapi alhamdulilah sih kalo ngga program malah cenderung naik terus.

Ini bagusnya katanya dilakukan sebulan sekali

Selamat Mencoba !








READ MORE - Diet GM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...