Translate

My photo
hanya ingin berbagi cerita, jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Saturday, November 26, 2016

Tubuh Ideal dan Sehat dengan Diet Ketofastosis

Setelah metode diet saya yang terakhir yaitu Diet GM, kali ini saya mau cerita tentang diet terbaru yang sedang dijalankan, tapi bukan berarti diet yang kemaren itu gagal ya, saya bisa menurunkan bb sampai 3 kg tapi seiring waktu yaaa naek lagilah meskipun lebih terkontrol secara gitu ya suami dan partner kerja saya suka banget kuliner.

Semua teman kantor saya selalu bilang mau ngecilin apa lagi sih, badannya udah ideal ko, ga gemuk, tapi mereka ga tau ni paha kalo dibawa jalan sering bergesek, saat pake celana panjang atau pendek sih emang ga masalah tapi pas pake rok yang malah bikin ga nyaman, selain bergesek juga berkeringat di sela-sela paha yang nempel itu. Bisa diatasi sih dengan olahraga tapi saya orangnya malas dan ga kuat olahraga selain yoga, cari kelas yoga belum ada yang pas jam latihannya *cari alasan*

Perut buncit saya sebenernya udah menyusut dengan rutin memakan bawang putih tunggal setiap hari, malah mitos bawang putih bisa bikin bau badan itu sama sekali ngga bener, bau badan saya biasa saja sama seperti sebelum mengkonsumsi bawang putih. Tapi lihat berat badan saya yang mulai merangkak naik lagi dan celana juga mulai sempit jadi bikin rada panik. Mau GM lagi ga semangat, tetiba teringat diet yang sedang dijalankan sahabat saya, yaitu diet keto.

Awal tahun lalu saya sempet sih cari tahu diet ini, dulu sahabat saya bilang ini diet ketogenik, setelah gogling ternyata diet ini diperuntukan bagi penderita ayan dan harus dengan pengawasan dokter, saat itu langsung melupakan diet ini. Lihat teman saya ketika menjalankan diet agak serem juga sih, semua jeroan dia makan, daging dia makan, yang berlemak dia hajar, hmmmm diet apa ini yang ada malah bikin penyakit. Dia meyakinkan saya kalau diet ini malah bisa menyembuhkan banyak penyakit dan bisa berhasil menurunkan bb dengan cepat, ya emang ngga bisa dipungkiri sih lihat perutnya sudah terlihat mengecil. Tapi saya belum berani mencoba.

Sebulan yang lalu ketika buka-buka facebook, muncul sebuah grup namanya Ketogenic Indonesia, salah satu anggotanya ya sahabat saya itu, iseng saya add pengen tahu isinya, setelah baca semua sharing anggotanya, baca komen-komennya, lihat gambar after beforenya, jadi tertarik pengen nyoba juga.


Judul diatas "Tubuh Ideal dan Sehat dengan Diet Ketofastosis" belom bisa saya buktikan sih :D tapi ini bedasarka dari orang-orang yang sudah menjalaninya, tubuh lebih sehat, langsing, dan terlihat wajahnya lebih segar.  Ketofastosis itu apa sih ? ternyata beda loh dengan ketogenik yang saya gogling tempo hari. Diet ini merupakan gabungan antara ketogenik dan fastosis. Ketogenik merupakan sebuah pola makan yang rendah karbihidrat, tinggi lemak, dan protein sedang. Fastosis adalah puasa dalam kondisi ketosis. Ketosis itu sendiri adalah kondisi dimana liver manusia memproduksi ketone untuk digunakan sebagai bahan bakar energi yang digunakan seluruh tubuh terutama otak. Ketosisi terjadi ketika tubuh tidak lagi ada asupan karbohidrat atau glukosa sebagai sumber makanan untuk diproses menjadi energi. Untuk lebih jelasnya bisa buka protokol diet ini, jika kita mengikuti semua aturan diprotokol in syaa Allah hasilnya seperti yang kita mau, sehat dan langsing. Dan harus siap dengan komen-komen orang-orang disekitar kita yang saking sayangnya akan nyuruh kita stop diet dan nyinyir.

Dalam menjalankan diet ini, saya ajak suami dan 3 sahabat di kantor supaya bisa sama-sama saling mendukung. Suami diajak tidak dengan pemaksaan seperti waktu mau diet mayo X_X , saya print out dulu semua protokolnya dan diperlihatkan juga foto-foto after before, malah saya buka faceboknya buat add grup KI supaya dia bisa mengikuti update infonya. Saya tidak berharap banyak dia bisa ikut, kalau dipaksa takut dia malah dibelakang saya nyuri-nyuri makan karbo, tapi ternyata dia setuju katanya sih masuk akal karena ada pola puasanya (pusa makan bukan puasa minum) yang bisa menurunkan kadar gula dan pastinya berat badan berkurang. 

Saya akan update setiap kemajuannya, KF dimulai tanggal 27 Oktober 2016


update 26 November 2016

Ga berasa hari ini tepat satu bulan kami mengubah pola makan dari pemakan karbo dan gula menjadi pemakan lemak saja. Kami mulai dengan menyiapkan amunisi yang wajib disiapkan untuk pemula seperti VCO dan teh hijau, bisa ditambah immunator honey (IH) tapi harganya lumayan maharani. Manfaat dari IH ini adalah untuk meningkatkan imun tubuh kita dikala proses penyembuhan atau healing crisis (HC) sedang berlangsung. HC adalah proses dimana tubuh sedang berusaha mengeliminasi dan mengeluarkan segala bentuk kotoran yang tersimpan didalam tubuh yang mengganggu keseimbangan dari fungsionalitas seluruh sel-sel ditubuh. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini.

HC yang kami rasakan selama sebulan ini, datangnya ga sekaligus, ada jeda dulu dimana badan tiba-tiba enak dan berenergi lalu si HC datang tanpa permisi dan pergi juga ga pamit, tiba-tiba badan seger aja. HC akan berbeda pada setiap orang, tergantung pada riwayat penyakitnya. 

HC yang saya rasakan : 
  • Mual, ngantuk terus, kleyengan, migren, diare selama 4 hari 
  • Muntah dan diare seharian
  • Gatal diseluruh tubuh terutama bagian wajah
  • Darah haid kaya cingcau item dan bau banget
  • Air kencing bau dan berbusa
  • Napas terasa berat tp bukan serangan asma
  • Hidung bersin dan meler setiap jam 2 subuh
  • Tangan kanan tiba-tiba sakit banget, gerakin tangan ngambil mouse aja sakit dan berat banget, untungnya cuma sehari
  • Kulit wajah bruntusan yang menyisakan noda putih kaya panu
  • Mimpi buruk 3 hari berturut-turut, bukan mimpi hantu tapi mimpi kecemasan-kecemasan saya yang selalu hadir dipikiran, terbangun dengan napas tersengal-sengal dan langsung ngucap alhamdulilah karena cuma mimpi

HC yang suami rasakan :
  • Mual, kleyengan, muntah, diare
  • Muncul benjolan benjolan kecil di bawah ketiak dan payudara

HC nya banyak saya ya :( ya iyalah peyakit saya kan banyak, dari umur 1 tahun udah didoping terus sama antibiotik sampai tahun ini.

Selama sebulan itu, bb saya turun dari 55 ke 48 sedangkan suami dari 82 ke 76, sementara lingkar pinggang saya menegcil dari 82 ke 76,5 dan suami dari 105 ke 83. Temen-temen kantor saya mulai deh pada rese, bilang kaya nenek-nenek, muka jadi kelihatan lesu, ngga seger dan banyak lagi. Mereka ngga tau saat saya lagi lemah dan lesu itu lagi kena HC tapi buat apa saya jelasin mereka ga akan ngerti. Dan lucunya setelah ngejek saya kaya nenek-nenek ehhh dia pengen juga ikutan keto :D Sebelum ikut keto, suami saya gula darah puasa 140 setelah makan 280, sebulan ikut keto gula darah  puasa jadi 90 dan setelah makan 104, Asam uratnya dari 7 menjadi 5. Sedangkan saya belom pernah periksa apa-apa karena malas ketemu jarum X_X

Manfaat lain setelah sebulan keto, buat saya adalah :
  • Migren ga pernah kerasa lagi
  • Rambut ga rontok
  • Flek wajah mulai menipis
  • Rasa sakit pasca kecelakaan dikaki hilang
  • Saat haid ga kerasa mules dan sakit
  • Maag dan asam lambung ga pernah kerasa lagi

Sedangkan bagi suami saya :
  • Ga pernah lagi konsumsi obat hipertensinya
  • Bangun pagi ga pernah sakit kepala lagi
  • Sakit lutut hilang
  • Moodnya lebih bagus, biasanya kalau pulang kerja selalu merengut sekarang selalu senyum
  • Energinya bertambah, latihan fire bisa 2 kali pengulangan biasanya 1 kali aja udah loyo
  • Bisa makan santan tanpa langsung kembung dan mual
  • Mulai bisa menjauh dari kopi, biasa kalau ga ketemu kopi pahit sehari aja langsung migren
  • Jarang kentut, biasanya 30 menit sekali pasti kentut 

Dari mulai KF1 sd KF30, ada kalanya juga kita merasakan kangen makanan karbo dan gula seperti gorengan, pempek, kerupuk, peyek, batagor, siomay, kue-kue pasar, donat, roti, dan lainnya lagi kecuali nasi. Selama sebulan pernah cheating ngga ? oohhhh pernah banget apalagi saya, pernah makan kerupuk pedas habis 2 bungkus, gorengan bakwan dan combro, peyek udang, dan jagung langkoseng abis satu toples, sementara  suami katanya sih cuma cheating combro dua aja sama peyek udang waktu cheating barengan. Efeknya ? hmmmm ga nahan deh, dari mulai mual, muntah, diare, kembung, sendawa ga berkesudahan, perut berasa ditonjok, kleyengan, lemes. Hal ini terjadi karena tubuh kita sedang mengeliminasi asupan makanan yang dianggap berbahaya, badan langsung memberikan alarm, setelah itu akan muncul lagi HC, deuuhhh jadinya ga selesai-selesai HCnya gegara ulah sendiri. Kalau udah berasa efeknya suka langsung janji ga mau cheating lagi tapi pas godaan ada didepan mata kadang ngga kuat nahan :'(


kalau weekend sering masak sendiri, selebihnya banyak beli diluar 
menu keto friendly
ini menu kalau jajan diluar, abaikan kecap dan bumbu kacangnya, ga pernah kita makan
ada yg terlihat beda ga dari sang suami ? :D
Before - After Keto : sebelah kiri diambil tahun 2014 itu belom terlalu gemuk lho, cari foto terbarunya waktu masih subur ga ada, yang kanan peyutnya dah mulai kempes dan wajahnya tirusan, bener ga ?





















READ MORE - Tubuh Ideal dan Sehat dengan Diet Ketofastosis

Friday, November 04, 2016

alumni laux UNPAD

Aq pernah belajar tentang perikanan di Universitas Padjajaran Jatinangor, kampusnya paling atas, jamannya lagi ospek lumayan cape karena harus jalan dari bawah dan jalannya kaya naik turun bukit gitu. Jurusan ini pada saat aq masuk masih baru, jumlah peminatnya juga sedikit cuma 23 orang. Dengan alasan yang sangat kekanak-kanakan aq pilih kuliah di jurusan ini "ingin tau tentang ikan", ga dengerin saran keluarga untuk memilih jurusan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Saat kuliahnya sih emang menyenangkan karena banyak praktek lapangan, mulai dari nyemplung ke kolam ikan air tawar yang sempit sampai ke lautan, tapi giliran harus cari kerja yaaaa lumayan sangat susah kalau tidak ditunjang dengan keterampilan lainnya. Bahkan kalau dilihat dari  para lulusannya memang sedikit yang bekerja di bidang perikanan.




Setelah kurang lebih 10 tahun berlalu akhirnya kami punya kesempatan untuk bertemu kembali, alhamdulilah sudah pada sukses di bidangnya masing-masing.
 
2010 silaturahmim di rumah kebun
2011 silaturahmi di cliq cafe
2016 silaturahmi di kedai nyonya rumah, alhamdulilah bapak-bapaknya bisa gabung terutama si icon angkatan, juragan sapi




READ MORE - alumni laux UNPAD

Semox

Setelah kurang lebih 2 tahun bertugas di tempat baru, akhirnya saya menemukan grup pertemanan yang bikin saya nyaman, yang saling mendukung dalam kebaikan, tidak pernah bergunjing tentang keburukan orang lain yang ada sih pada ngeledekin diri kita masing-masing.

Grup ini terdiri dari 8 orang salah satunya memang sudah menjadi sahabat saya sejak jaman kuliah dulu, kemudian saya dikenalkan pada teman-temannya dan alhamdulilah cocok. Kami satu kantor tapi beda bidang, kegiatan kita  nonton, kuliner, cari baju atau kerudung samaan, nyalon, perawatan muka, jalanin program diet, arisan, dan lagi mencoba bikin usaha bersama. Grup 8 orang itu sebenarnya terlalu banyak, idealnya kan 4 orang supaya lebih akrab satu sama lain, tapi tidak jadi masalah selama masing-masing dari kita tidak ada yang menebar aura negatif dengan saling membicarakan kejelekan dibelakang. Grupnya kami namai semox karena terdiri dari emak-emak yang badannya aduhai melebar ke samping :D

kika : ditya, narti, yati, ida n, yuyun, saya (mojok), dewi, dan ida f

hobi kita nonton cuma bedanya dulu saya paling males nonton film indonesia di bioskop soalnya ga lama juga akan nongol di tv tapi namanya juga persahabatn yang dicari persamaannya bukan perbedaannya, jadi sejak gabung sam mereka yaaaa akhirnya ngikut aja deh
kalau ada acara selalu cari kerudung atau baju yang sama















Supaya bisa lebih akrab lagi, kami bikin rutinitas baru yaitu berkunjung ke rumah masing-masing sebulan sekali plus arisan, dan harus disiapin makanan yang dimasak sendiri, enak ga enak pasti habisss.

dimulai dari rumah yuyun, kalau kunjungan ke tukang masak mah ya gini nih berasa hajatan
kunjungan kedua ke rumah ida f
 


























READ MORE - Semox

Caprux

Caprux itu adalah sebuah grup di BBM yang terdiri dari Ichan, Achi, Lina, Neni, Dian dan Ocan. Disebut caprux karena kita semua hobi banget ngacapruk alias ngobrol ngaler ngidul ga jelas dan selalu heboh. Grup ini adalah alumni anak SMPN 4 kecuali Dian, sejak dari SMP kami berlima memang lumayan dekat dan sejak reuni tahun 2009 jadi lebih sering ketemu. Sementara kalau dian itu adalah sahabatku sejak SMA dan juga saudaranya ichan makanya jadi nyambung. Masing-masing punya karakter yang berbeda makanya diperlukan pengertian yang cukup tinggi agar bisa tetep bersama dan saling mengisi kekurangan. Konflik itu sudah pasti ada, apalagi kalau sifat sensi sudah mulai muncul pasti ketersinggungan akan terjadi, tapi alhamdulilah dengan menerima sifat jelek masing-masing  semua bisa diatasi. Intinya saling menerima dan memberi maka persahabatan ini akan bertahan.


Menghabiskan waktu bersama mereka selalu membuat hati senang, kalau sudah bikin acara kumpul, mulai dari H-1 kita selalu heboh merencanakan dress code, nentuin tempat makan dan tempat kumpul, biasanya nih yang ditugaskan jemput sana sini adalah achi dan lina secara mereka kan yang punya kendaraan haha...apalagi kehebohan di hari H nya, pasti pada sibuk nyalon, make up, ada yang teriak kelaparan karena kelamaan nunggu yang dandan.

USS Black
unyu unyu
ngotak

tetap kompak dalam warna warni
pink is new black :P


Mereka adalah sahabatku, disaat suka duka selalu ada untuk memberikan semangat dan dorongan, memberikan kegembiraan dan menghapuskan kesedihan dengan tingkah polah mereka masing-masing. Dan yang namanya sahabat itu tidak pernah membiarkan kita berbuat kekonyolan sendirian., setuju ? ! Saat menghabiskan waktu bersama, suara kami kayaknya memenuhi ruangan karena suara yang melengking dan kalau yang satu ngomong semua juga ikut ngomong, kadang suka bingung kita lagi cerita apa karena semua pengen ngomong, sampai suamiku aja bilang kapok ga mau ikut kumpul sama anak capruk karena terlalu bising di telinga. 

ribut sendiri tanpa peduli sekeliling
masak ok, mekapan ok, wefie dimana-mana bahkan nungging juga cuek
java jazz dan urban jazz
abis nonton acara Indonesia Mencari Bakat di Trans TV

Setiap ultah kita usahakan selalu kumpul walaupun tidak pas hari H, kebanyakan sih bertemu di Bandung, anggota caprux yang ultah harus traktir dan yang ditraktir harus kasi kado. Hobi kita adalah ngemall, kuliner dan traveling. Terkadang bisa hang out ber enam kadang juga ngga, saat waktunya berkumpul tidak harus selalu personil komplit.

wefie di mobil menuju tempat tujuan itu sebuah kewajiban buat caprux
hobi nyanyi juga kecuali si gw
kuliner itu udah pasti, semua doyan makan

ngmall adalah bagian dari hobi caprux kecuali gw tapi namanya juga kebersamaan ya diikuti saja yang penting happy
singapur 2011 bertiga aja : nenceu, gw, n achi

Dago pakar waterfall 2012 tapi ga ada airnya :D personil komplit : Ichan, Dian, Lina, Nenceu, gw, n Achi
Universal 2013 bertiga aja : ichan, achi, n gw
Pandeglang 2014 berdua aja : lina n gw
Anyer 2015 bertiga aja : ichan, Achi n gw

Dago 2016 berempat saja : lina, achi, ichan n gw

READ MORE - Caprux

Tuesday, May 31, 2016

Diet GM

Setelah kegagalan diet mayo X_X kali ini saya mau coba diet GM yaitu program diet yang digagas oleh perusahaan manufaktur automobile yang tujuannya untuk meningkatkan kesehatan para karyawannya. Program ini katanya terbukti bisa menurunkan berat badan sampai 8 kg selama 7 hari. 

Awalnya saya dapat info dari teman kerja, dia sih bilangnya dapat info dari dokternya, ternyata setelah saya tanya lebih lanjut dan lebih detail ternyata dari dokter whatsapp =)) setelah itu saya ajak beberapa teman dekat dikantor tujuannya sih biar lebih semangat, ternyata gayung bersambut semua mengatakan ok

Program dietnya cukup gampang ko dan ga bikin kesiksa kaya diet mayo, jadi selama 6 hari kita tinggalkan nasi, berikut lebih jelasnya lagi :

Hari Pertama: Buah-buahan, kecuali pisang. Di hari pertama ini hanya dibolehkan makan buah-buahan. Buah apa saja kecuali pisang. Boleh makan hingga kenyang. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah melon dan semangka.

Hari Kedua: Sayur-sayuran. Hari kedua hanya dibolehkan makan sayur-sayuran. Apa saja baik mentah maupun matang. Bisa dimasak tumis, sup ataupun rebus. Tidak ada batasan jumlah ataupun tipe sayuran dan boleh makan hingga kenyang.



Hari Ketiga: Sayur dan Buah. Di hari ketiga bisa mencampur menu sayuran dan buah-buahan. Tidak ada batasan jumlah dan boleh sebanyak yang diinginkan. Tetapi tetap tidak boleh mengonsumsi buah pisang.

Hari Keempat: Pisang dan Susu. Di hari keempat konsumsi pisang sejumlah 8 buah  serta 3 gelas susu. Tidak mengonsumsi jenis makanan lain.

Hari Kelima: Daging dan Tomat. 500 gr daging sapi dan 6 buah tomat menjadi menu utama di hari kelima. Tingkatkan konsumsi air putih untuk membersihkan sistem pencernaan. Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian.

Hari Keenam: Daging dan Sayuran. Di hari keenam boleh memakan kombinasi sayuran dan daging dalam jumlah yang tidak dibatasi.

Hari Ketujuh: Beras Merah, Jus buah, dan Sayuran. Di hari terakhir diet mulai kembali ke pola makan yang biasa dengan menu beras merah, jus buah serta sayuran.

Bisa kan ?! Kuat kan ?! Pasti berhasil deh

menu GM hari pertama sd hari kelima


Hari kedua saya makan full  sayuran rebus, di hari ketiga dan keenam saya mulai makan sayuran seperti gado-gado biar ada rasanya. Hari keempat cuma bisa muat 4 pisang. Hari ketujuh ngga pake nasi merah langsung nasi putih. Selain dari itu semua sesuai anjuran.

Selama dua hari kotoran saya sangat hitam, hari berikut sampai dengan terakhir normal kembali *maaf agak jorok* 

Setiap hari saya timbang badan, hari pertama 59 kg, hari kedua dan ketiga 56 kg, hari kelima 55 kg, dan sampai hari ketujuh ngga turun lagi :( jadi selama seminggu hanya turun 4 kg...ngga sesuai harapan sih target turun 5 kg tapi alhamdulilah sih kalo ngga program malah cenderung naik terus.

Ini bagusnya katanya dilakukan sebulan sekali

Selamat Mencoba !








READ MORE - Diet GM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...