Translate

Foto Saya
Blog ini hanyalah berupa tulisan tentang apa yang kurasakan, kualami, kuinginkan, kulihat dan yang pernah kubaca... terserah mau suka atau tidak dengan isinya karena aku tidak pandai becerita apalagi menulis tapi lebih baik menulis dan jadi sampah, daripada tidak menulis dan jadi sampah di pikiran

Kamis, Agustus 07, 2014

ORO is My treasure

Telur dari induk lovebirds hijau kepala emas akhirnya menetas juga setelah sebelumnya gagal terus tapi cuma satu. Ga apa apa sih akhirnya saya punya juga bayi warna hijau yang katanya bisa lebih jinak daripada lovebird warna lain. Karena ni bayi lahir sendirian maka dia mendapatkan 100% perhatian dari saya dan bebo. Melihat dia sendirian dalam box yang beralaskan kertas koran atau serbuk gergaji jadi merasa kasihan, takut dia kedinginan jadinya disaat saya tidak bekerja dia sering saya sentuh, dibiarkan tidur diatas tangan sampai tangan kesemutan, tidur diatas perut saat saya juga tidur siang, disimpan disela sela leher sambil tiduran biar dia merasa hangat, dan dibawa jalan-jalan kemanapun kami pergi.

Oro umur 2 minggu
didalam box sendirian
tidur diatas perut beralaskan pashmina saya
burung juga nguap
bobo siang sama bebo
baru selesai makan langsung bobo lagi
jalan-jalan ke anyer
pertama kali oro bisa keluar sendiri dari box

Mulai masuk umur satu bulan mulai kelihatan deh tuh warnanya, kok aneh yaaa ga ada ijo ijo nya sama sekali, warna yang keluar malah biru keunguan :O dan dia jadi ga bisa jauh dari pashmina hijaunya.  Kalau masuk ke kandang dia mulai gelisah dan bersuara kencang, bisa diam lalu tertidur setelah saya beri dia alas tidur. Kasian lihat dia selalu tidak nyaman jika tidur didalam kandang, maka saya ijinkan dia tidur diluar kandang biasanya saya tempatkan dia di sebelah tempat tidur diatas meja kecil.

tertidur juga setelah diberi alas untuk tidur meskipun bukan pashminanya
Oro mulai besar, warna bulunya mulai kentara tapi ko bukan hijau seperti induknya ??? dia terlihat senang bersama pashminanya
bikin rumah-rumahan terbuka buat oro =))

Setelah sukses membesarkan 7 bayi lovebirds cuma satu burung ini aja yang manjanya ga ketulungan, umur sudah 2 bulan saja masih minta makan bubur kalau ngga dikasi tangan saya habis dia gigit dan kuping saya sakit karena dia terus menjerit =)) Dia juga ngga mau jauh dari saya, ngikut kemanapun saya melangkah. Waktu belum lancar terbang selalu saya bawa dipundak saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga mulai dari masak, nyuci, dan bersih-bersih rumah tapi setelah pintar terbang udah ngga berani lagi takut dia kebablasan terbangnya dan ngga balik lagi kaya si blorok.

masih tetep suka merasa nyaman kalau tidur ditangan

ngantuk...kalau dipindah ke kandang malah gelisah
umur 2 bulan masih minta makan bubur nih tapi sedikit demi sedikit saya kurangin
pengen bubur !!!!!!
suka banget kalau digelitikin leher dan kepalanya sampai kepalanya muter-muter

dimandiin malah keenakan saat handukan ampe ketiduran
kalau lagi rajin sih bersihin sendiri
ngaca dulu

nemu harta karun
bobo diatas perutku
Oro itu burung yang sangat special, hiburan kalau cape pulang kerja, ngga cuma disukai sam kami berdua tapi dia juga disukai oleh tamu-tamu kami.

belajar maen alat tiup

ngobrol sama bebo

sok jagoan, ketemu tiara malah ngajak berantem, dia belum tahu segalak apa tiara

ngaca di kacamata mirror

ini yang lebih aneh, dia suka nimbrung kalau kami lagi ngemil dan pengen makan juga

semua tamu pada suka kalau ketemu oro

ini gambar yang paling saya suka, you are my treasure






























READ MORE - ORO is My treasure

the three musketeers

Ga tau apa yang ada dibenaknya bebo, kadang suka sebel aja kalau dia udah membeli sesuatu padahal dirumah juga udah ada, salahsatunya bayi lovebirds. Ketika kita melakukan perjalanan ke Cirebon, saya memang meminta bebo buat mapir disalah satu peternak lovebird nyari buat pasngannya tiara tapi setelah samapi disana dia malah kalap pengen juga beli bayi lovebird batman umur 2 mingguan seharga 700rb untuk 3 ekor. Meskipun kurang setuju tapikalau sudah menjadi keputusannya ya sudah lagian setelah liat mereka juga saya langsung suka.

Ketiga bayi batman ini ngga saya kasi nama satu-satu, pusing, jadi kita kasi nama three musketeers sajalah. Hampir semua bayi lovebird kelakuannya sama sih jadi ngga ada yang berbeda dari burung lainnya. Kalau dari kecilnya tumbuh berkelompok maka akan ada seorang leader dan ada seorang yang sering dibully, yang sering dibully tentunya yang paling kecil. 

Setelah umur 2 bulan dengan sangat terpaksa mereka harus pindah ke kandang yang ada diluar, sedih sih tapi ngga mungkin juga saya simpan semua burung yang selama ini saya kasi makan sendiri harus disimpan semua dikamar, bisa bau kamarnya. Ada 4 burung  di kamar aja udah kerasa baunya. Maaf ya three musketeers, bukan berarti kami ngga sayang sama kalian.

baru selesai makan, leadernya yang membelakangi mereka
sleeping beauty
mereka lebih gampang didekati dibanding sam, tiara, eco dan bule, jadi tambah sayang sama mereka
ini si bungsu, kalau dah sering di bully dia akan menjauh dari sodara-sodaranya

READ MORE - the three musketeers

Senin, Agustus 04, 2014

Eco dan Bule

Selama 2 bulan diberi kesempatan lihat banyak sekali tingkah samson dan tiara yang lucu, dari mulai belajar jalan, belajar terbang, belajar cari makan sendiri dll. Sekarang dikasi lagi 6 anak lovebird dari 2 induk \:D/ sebenarnya sih telurnya ada 10 tapi tidak menetas semua. Dari 6 bayi itu ada satu yang kondisinya memprihatinkan, kakinya cedera karena kemungkinan keinjek induknya dan dilehernya ada benjolan kecil, sampai pengen nangis liatnya soalnya dia jadi tidak bisa bergerak malah kadang terinjak bayi lainnya :( 

Awalnya kami pikir bayi LB yang luka ini yang tidak bisa bertahan lama tapi ternyata satu persatu bayi dari induk dakocan biru yang mulai besar sekitar umur 3 minggu malah mati tanpa tahu penyebabnya, dari yang awalnya rakus makan tambah hari malah tambah ngga mau makan dan akhirnya terdiam selamanya, yang tersisa dari induk dakocan biru cuma satu yang kondisinya memprihatinkan. Sementara dari induk yang kuning mati satu karena terlalu kecil, umurnya sekitar 1 minggu. Maka yang tersisa dari 6 bayi hanya tinggal tiga :'(
anak kiki dari 4 telur yang menetas 3 sedangkan anak dakocan biru dari 6 telur yang menetas juga 3

Bayi yang tersisa kami besarkan seperti saat membesarkan samson dan tiara, terutama yang kakinya cedera mendapat perhatian yang lebih banyak, tiap hari dikompres kunyit dan dicekokin juga air kunyit alhamdulilah benjolan dilehernya semakin mengecil dan kaki kirinya mulai pulih. Tapi meskipun luka di kakinya sudah sembuh perkembangannya tidak normal, kakinya jadi lebih pendek dari kaki kanannya dan kurang kuat. Jadi dia bertahan hanya dengan 1 kaki dibantu paruhnya :( ngenes lihatnya gimana nanti gedenya disaat dia harus cari makan sendiri. Burung special ini kami beri nama eco. 



Sementara dua bayi yang tumbuh normal dan sehat, anak dari LB kuning kami beri nama blorok dan bule, blorok karena bulunya yang belang-belang sementara bule bulunya putih dan kulitnya merah. Mereka tumbuh sangat lincah dan saling ketergantungan, seperti halnya samson tiara dimana yang satu menjadi leader dan yang satu pengikut. Blorok yang paling dominan terhadap eco dan bule dan kadang sering ngebully mereka berdua. Dia juga pinter, bisa buka kandang sendiri sampai akhirnya karena kelalaian saya, lupa ngunci pintu kandang dan dia sudah ada diluar jendela, nangkring di pagar besi teras kamar atas. Panik dong....saya samperin coba untuk nangkep ehhhhh dianya malah terbang tinggi entah kemana. Ini adalah yang kedua kalinya, yang pertama masih bisa diselamatkan karena dia baru belajar terbang jadi terbangnya ngga tinggi dan landing ditaman. Nangis bombay dehhh saya apalagi liat muka si bebo yang memperlihatkan muka keselnya :'( :'( :'(

yang paling bawah bule ditindih sama blorok

Dua yang tersisa bener-bener dijaga deh, jangan sampai kehilangan mereka lagi. Kalau liat eco hati ini suka pengen nangis, kasian banget :'( dia harus lebih berusaha untuk bisa bertahan dengan satu kakinya, lebih sulit dari burung lainnya saat akan makan, bergelantungan dan bertahan dari gangguan burung lainnya. Untungnya bule itu ngga kaya samson yang suka iseng ganggu, paling berantem dikit malah bule lebih sering mengalah ke eco <3<3. Tapi semakin bertambah besar kekhawatiran saya mulai berkurang karena eco semakin lincah tidak terbebani dengan kakinya hanya saat berkumpul bareng samson tiara dan bule, eco lebih sering menyendiri mungkin karena takut sama samson. Sementara bule, burung yang menurut saya paling kalem dan pemalu, dia tidak seaktif samson tiara jika ada didekat kita, dideketin menjauh dipegang terbang tapi kalau sam kita dicuekin dia mendekat sendiri dengan syarat jangan pernah pegang badannya :p

bule dari kecil udah lucu banget dan kalem

susah banget pengen foto sama bule, ini waktu bule masih umur 1 bulan masih mau saya pegang badannya, sekarang susahnya minta ampun

saat ketiganya bermain bersama, eco lebih memilih berdiri dipundak saya

ini eco dipundak saya, si kaki satu yang lucu

godain eco

eco paling suka kalau digelitikin

Berharap eco dan bule menjadi pasangan, semoga mereka berbeda jenis kelamin #susahnentuinjeniskelaminlovebird


 



 


READ MORE - Eco dan Bule
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...