Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Friday, January 27, 2017

Diet Ketofastosis

Setelah metode diet saya yang terakhir yaitu Diet GM, kali ini saya mau cerita tentang diet terbaru yang sedang dijalankan, tapi bukan berarti diet yang kemaren itu gagal ya, saya bisa menurunkan bb sampai 3 kg tapi seiring waktu yaaa naek lagilah meskipun lebih terkontrol secara gitu ya suami dan partner kerja saya suka banget kuliner.

Semua teman kantor saya selalu bilang mau ngecilin apa lagi sih, badannya udah ideal ko, ga gemuk, tapi mereka ga tau ni paha kalo dibawa jalan sering bergesek, saat pake celana panjang atau pendek sih emang ga masalah tapi pas pake rok yang malah bikin ga nyaman, selain bergesek juga berkeringat di sela-sela paha yang nempel itu. Bisa diatasi sih dengan olahraga tapi saya orangnya malas dan ga kuat olahraga selain yoga, cari kelas yoga belum ada yang pas jam latihannya *cari alasan*

Perut buncit saya sebenernya udah menyusut dengan rutin memakan bawang putih tunggal setiap hari, malah mitos bawang putih bisa bikin bau badan itu sama sekali ngga bener, bau badan saya biasa saja sama seperti sebelum mengkonsumsi bawang putih. Tapi lihat berat badan saya yang mulai merangkak naik lagi dan celana juga mulai sempit jadi bikin rada panik. Mau GM lagi ga semangat, tetiba teringat diet yang sedang dijalankan sahabat saya, yaitu diet keto.

Awal tahun lalu saya sempet sih cari tahu diet ini, dulu sahabat saya bilang ini diet ketogenik, setelah gogling ternyata diet ini diperuntukan bagi penderita ayan dan harus dengan pengawasan dokter, saat itu langsung melupakan diet ini. Lihat dia ketika menjalankan diet agak serem juga sih, semua jeroan dia makan,  yang berlemak dia hajar, hmmmm diet apa ini yang ada malah bikin penyakit. Dia meyakinkan saya kalau diet ini malah bisa menyembuhkan banyak penyakit dan bisa berhasil menurunkan bb dengan cepat, ya emang ngga bisa dipungkiri sih lihat perutnya sudah terlihat mengecil. Tapi saya belum berani mencoba.

Sebulan yang lalu ketika buka-buka facebook, muncul sebuah grup namanya Ketogenic Indonesia (KI), salah satu anggotanya ya sahabat saya itu, iseng saya add pengen tahu isinya, setelah baca semua sharing anggotanya, baca komen-komennya, lihat gambar after beforenya, jadi tertarik pengen nyoba juga. Ternyata yang dijalankan sahabat saya itu bukan Ketogenik tapi Ketofastosis meskipun memang dasarnya diambil dari diet ketogenik.


Ketofastosis itu apa sih ? ternyata beda loh dengan ketogenik yang saya gogling tempo hari. Diet ini merupakan gabungan antara ketogenik dan fastosis. Ketogenik merupakan sebuah pola makan yang rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan protein sedang. Fastosis adalah puasa dalam kondisi ketosis. Ketosis itu sendiri adalah kondisi dimana liver manusia memproduksi ketone untuk digunakan sebagai bahan bakar energi yang digunakan seluruh tubuh terutama otak. Ketosis terjadi ketika tubuh tidak lagi ada asupan karbohidrat atau glukosa sebagai sumber makanan untuk diproses menjadi energi. Untuk lebih jelasnya bisa buka protokol diet ini, jika kita mengikuti semua aturan diprotokol in syaa Allah hasilnya seperti yang kita mau, sehat dan langsing. Dan harus siap dengan komen-komen orang-orang disekitar kita yang saking sayangnya akan nyuruh kita stop diet dan nyinyir.

Dalam menjalankan diet ini, saya ajak suami dan 3 sahabat di kantor supaya bisa sama-sama saling mendukung. Suami diajak tidak dengan pemaksaan seperti waktu mau diet mayo, saya print out dulu semua protokolnya dan diperlihatkan juga foto-foto after before, malah saya buka faceboknya buat add grup KI supaya dia bisa mengikuti update infonya. Saya tidak berharap banyak dia bisa ikut, ga mau maksa lagi kaya waktu diet mayo tapi ternyata dia setuju katanya sih masuk akal karena ada pola puasanya (puasa makan bukan puasa minum) yang bisa menurunkan kadar gula dan pastinya berat badan berkurang. 

Saya akan update setiap kemajuannya smp bb suami sesuai target, KF dimulai tanggal 27 Oktober 2016


update 26 November 2016

Ga berasa hari ini tepat satu bulan kami mengubah pola makan dari pemakan karbo dan gula menjadi pemakan lemak saja. Kami mulai dengan menyiapkan amunisi yang wajib disiapkan untuk pemula seperti VCO dan teh hijau, bisa ditambah immunator honey (IH) tapi harganya lumayan maharani. Manfaat dari IH ini adalah untuk meningkatkan imun tubuh kita dikala proses penyembuhan atau healing crisis (HC) sedang berlangsung. HC adalah proses dimana tubuh sedang berusaha mengeliminasi dan mengeluarkan segala bentuk kotoran yang tersimpan didalam tubuh yang mengganggu keseimbangan dari fungsionalitas seluruh sel-sel ditubuh. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini.

HC yang kami rasakan selama sebulan ini, datangnya ga sekaligus, ada jeda dulu dimana badan tiba-tiba enak dan berenergi lalu si HC datang tanpa permisi dan pergi juga ga pamit, tiba-tiba badan seger aja. HC akan berbeda pada setiap orang, tergantung pada riwayat penyakitnya. 

HC yang saya rasakan : 
  • Mual, ngantuk terus, kleyengan, migren, diare selama 4 hari 
  • Muntah dan diare seharian
  • Gatal diseluruh tubuh terutama bagian wajah
  • Darah haid kaya cingcau item dan bau banget
  • Air kencing bau dan berbusa
  • Napas terasa berat tp bukan serangan asma
  • Hidung bersin dan meler setiap jam 2 subuh
  • Tangan kanan tiba-tiba sakit banget, gerakin tangan ngambil mouse aja sakit dan berat banget, untungnya cuma sehari
  • Kulit wajah bruntusan yang menyisakan noda putih kaya panu
  • Mimpi buruk 3 hari berturut-turut, bukan mimpi hantu tapi mimpi kecemasan-kecemasan saya yang selalu hadir dipikiran, terbangun dengan napas tersengal-sengal dan langsung ngucap alhamdulilah karena cuma mimpi

HC yang suami rasakan :
  • Mual, kleyengan, muntah, diare
  • Muncul benjolan benjolan kecil di bawah ketiak dan payudara

HC nya banyak saya ya :( ya iyalah peyakit saya kan banyak, dari umur 1 tahun udah didoping terus sama antibiotik sampai bulan lalu.

Selama sebulan itu, bb saya turun dari 55 ke 48 sedangkan suami dari 82 ke 76, sementara lingkar pinggang saya menegcil dari 82 ke 76,5 dan suami dari 105 ke 83. Temen-temen kantor saya mulai deh pada rese, bilang kaya nenek-nenek, muka jadi kelihatan lesu, ngga seger dan banyak lagi. Mereka ngga tau saat saya lagi lemah dan lesu itu lagi kena HC tapi buat apa saya jelasin mereka ga akan ngerti. Dan lucunya setelah ngejek saya kaya nenek-nenek ehhh dia pengen juga ikutan keto :D Sebelum ikut keto, suami saya gula darah puasa 140 setelah makan 280, sebulan ikut keto gula darah  puasa jadi 90 dan setelah makan 104, Asam uratnya dari 7 menjadi 5. Sedangkan saya belom pernah periksa apa-apa karena malas ketemu jarum X_X

Manfaat lain setelah sebulan keto, buat saya adalah :
  • Migren ga pernah kerasa lagi
  • Rambut ga rontok
  • Flek wajah mulai menipis
  • Rasa sakit pasca kecelakaan dikaki hilang
  • Saat haid ga kerasa mules dan sakit
  • Maag dan asam lambung ga pernah kerasa lagi

Sedangkan bagi suami saya :
  • Ga pernah lagi konsumsi obat hipertensinya
  • Bangun pagi ga pernah sakit kepala lagi
  • Sakit lutut hilang
  • Moodnya lebih bagus, biasanya kalau pulang kerja selalu merengut sekarang selalu senyum
  • Energinya bertambah, latihan fire bisa 2 kali pengulangan biasanya 1 kali aja udah loyo
  • Bisa makan santan tanpa langsung kembung dan mual
  • Mulai bisa menjauh dari kopi, biasa kalau ga ketemu kopi pahit sehari aja langsung migren
  • Jarang kentut, biasanya 30 menit sekali pasti kentut 

Dari mulai KF1 sd KF30, ada kalanya juga kita merasakan kangen makanan karbo dan gula seperti gorengan, pempek, kerupuk, peyek, batagor, siomay, kue-kue pasar, donat, roti, dan lainnya lagi kecuali nasi. Selama sebulan pernah cheating ngga ? oohhhh pernah banget apalagi saya, pernah makan kerupuk pedas habis 2 bungkus, gorengan bakwan dan combro, peyek udang, dan jagung langkoseng abis satu toples, sementara  suami katanya sih cuma cheating combro dua aja sama peyek udang waktu cheating barengan. Efeknya ? hmmmm ga nahan deh, dari mulai mual, muntah, diare, kembung, sendawa ga berkesudahan, perut berasa ditonjok, kleyengan, lemes. Hal ini terjadi karena tubuh kita sedang mengeliminasi asupan makanan yang dianggap berbahaya, badan langsung memberikan alarm, setelah itu akan muncul lagi HC, deuuhhh jadinya ga selesai-selesai HCnya gegara ulah sendiri. Kalau udah berasa efeknya suka langsung janji ga mau cheating lagi tapi pas godaan ada didepan mata kadang ngga kuat nahan :'(


kalau weekend sering masak sendiri, selebihnya banyak beli diluar 
menu keto friendly
ini menu kalau jajan diluar, abaikan kecap dan bumbu kacangnya, ga pernah kita makan
ada yg terlihat beda ga dari sang suami ? :D
Before - After Keto : sebelah kiri diambil tahun 2014 itu belom terlalu gemuk lho, cari foto terbarunya waktu masih subur ga ada, yang kanan peyutnya dah mulai kempes dan wajahnya tirusan, bener ga ?

update 31 Desember 2016

Telat apdet nihh gegara kerjaan akhir tahun...

Hari ini kita udah KF64 artinya sudah menjalankan ketofastis 64 hari, perubahan dari KF 30 belum terlalu banyak kecuali lingkar pinggang suami sudah menyusut 10 cm, bb nya dia sebulan ini turun 2 kg kalau ditotalin dari awal KF sudah turun 8 kg, dari 82 jadi 74 terhitung kurang cepet sih kalau dibandingin sama temen-temen KF lain karena suami ngga mau nambah jam puasa makan, masih tetap 8 jam, kalau diprotokol kan harusnya semakin ditambah, belum lagi dia suka naek fase seenaknya :D sementara bb saya sempet terjun bebas ke 45 saat yayang HC lagi mampir, setelah beres HC mau ngga mau saya naik fase aja karena dari awal KF GDP udah 76,  udah masuk kategori boleh naik fase tapi karena nemenin suami biar betah diinduksi terpaksa selama 53 hari ga naek-naek fase. Dan bener kan begitu saya naek fase konsol, suami juga ikutan X_X bodo amatlah karena saya ngga mau terlalu kurus juga, liat tulang udah pada menonjol ga enak dilihat.

Naek fase konsol udah bisa makan sayuran, kacang-kacangan, dan protein nabati, ditambah cheating-cheating dikit *yang ini NGGA BOLEH* X_X Saya tinggalin dulu lemak banyakin protein nabati kaya tahu tempe, tiap hari makan ketoprak tapi bumbunya minta ngga pake gula, ga pake lontong, ga pake bihun mpe mamang ketopraknya bingung. 4 hari diisi sayuran dan tahu tempe, bb mulai naek lagi, sekarang dipertahankan di angka 47-48

Sekarang saya mau cerita saat kedatangan yayang HC lagi, maaf ya kalau agak jorok

Dari hari ke 4 KF ni si ayang sebenernya udang malu-malu kucing muncul dibadan, tandanya setiap jam 2 pagi selalu keluar ing*s mpe jam 5 pagi. Nah di hari ke 39 dia udah berani tuh menampakan diri dengan cara datengin batuk berdahak dari mulai dahak bening mpe ij* kalau ke dokter kan udah langsung aja harus minum antibiotik karena warna batuk ij* itu tanda ada radang, untuk meyakinkan ini HC, saya hubungi suhu KF mas agus dan dia membenarkan, katanya HC lagi bersih bersih di paru jadi dahak harus dikeluarin semua, masalahnya ni dahak susah banget keluarnya, disaranin mas agus pake obat pengencer dahak, saya beli obat batuk yang bebas gula, 5 jam kemudian perut melilit langsung diare dan muntah mpe yang pait-pait kuning itu keluar. Hubungi lagi suhu, katanya kemungkinan obat batuknya ada karbonya, dia nyuruh pake ventolin aja atau dinebu, sempet ngga yakin sih karena setau saya ventolin itu kan buat obat saat serangan asma dateng, tapi nurut ajalah dan ternyata memang ventolin ini membantu melancarkan pengeluaran dahak.

Herannya nih selama batuk itu asma saya ngga kumat, kan biasanya sebelum ikut KF kalau batuk pasti asma, apalagi batuk berdahak suka bikin asma parah, jalan selangkah aja kaya naek gunung, ngos-ngosan dan berat di dada, obat semprot ventolin dan seretide pun udah ngga mempan harus langsung ketemu dokter buat dibikinin obat racikan, kalau tidur harus numpukin bantal mpe 6 dan minta dipijit dipunggung. Tapi selama batuk yang dimunculin ayang HC ini, asma saya malah enteng, tidur nyenyak walaupun dada bunyi grok-grokan akibat dahak dan bisa naek turun tangga berkali-kali tanpa sesek.

Hari ke 53 tiba-tiba batuk berhenti, ayang HC pergi tanpa pamit, ninggalin saya dengan bobot badan 45 kg karena sejak muntah-muntah itu jadi ngga mau makan apa-apa, bawaanya mual kalau kemasukan makanan, untungnya ada VCO dan IH meskipun berasa lapar tapi tetep berenergi.

Setelah si yayang HC pergi, saya mulai nakal lagi nih, mulai cheating-cheating makan kerupuk pedas, makan combro, makan mie goreng dan yang parah makan duren. Tau akibatnya apa ??? diare pastilah ya tapi yang paling parah saat kemasukan duren 1 biji, dada langsung berdebar kenceng dan kaki kaya mati rasa seperti gejala kalo mau kesemutan. Dan ini masih kerasa sampai saat ini saya lagi ngapdet X_X Cheating ini dilakukan berdua suami, sebelnya suami sih ngga parah-parah amat selain cuma diare dan kentut terus-terusan. Hadeuuuhhhh ini katanya karena saya udah ketosis sementara suami belum.

kita berdua udah terlihat beda kan ???


update 27 Januari 2017

Ga terasa udah 3 bulan ngurangin karbo dan gula, banyak perubahan dibadan ngga cuma lemak yang menghilang tapi sedikit demi sedikit flek d wajah mulai menipis, jarang banget kena sakit flu padahal cuaca lagi ngga bersahabat biasanya udah langganan batuk pilek, tapi asma masih bandel ngga mau pergi. Untuk sebulan kebelakang saya ngga mau bilang sudah menjalankan KF karena jujur aja kita penuh dengan cheating malah mungkin bisa dibilang tiada hari tanpa cheating, kalau saya sendiri sih cheatingnya cuma makan kerupuk tiap hari, selain dari itu ngga makan yang ngga dibolehkan dalam protokol. Ga ada pengaruh sama BB sih, masih tetap naek turun di angka 46-48 tapi kaki jadi sering pegal malah dah seminggu ini lutut seringkali sakit.

Begitu juga dengan suami saya, mulai banyak cheating karbo, terakhir lebih parah, MAKAN NASI....duhhh kalau yang ini sih saya jadi kesel. Awalnya sih ngga ngaku, cuma saya lihat banyak perubahan, lingkar pinggangnya nambah lagi 1,5 cm, BB naek 2 kg dan ngga turun-turun lagi, sering kentut, perutnya juga kembung, mulai gampang naek lagi emosinya, dan mudah ngantuk.

Jadi kesimpulannya KF kami gagal.

Mudah-mudahan bisa secepatnya kembali lagi ke jalan yang benar karena memang KF ini manfaatnya banyak tapi godaannya juga banyak.

After Before

update 3 Maret 2017

mo update ahh meskipun masih sering cheating,,,,
yang pasti alarm saya udah off karena kebanyakan cheating dan dah ngga minum vco juga IH. Tapi tetep masih jaga asupan glukosa, ngga makan nasi dan makanan dari bahan tepung, ngga makan makanan yang pake gula putih atau gula merah. Alhamduliah berat badan masih OK ngga naek lebih dari 50, masih stabil di 48 meskipun tiap hari makan kerupuk, seminggu sekali makan serabi dan mangga *tolong jangan diikuti kebiasaan buruk ini*

Sementara suami malah naek berat badannya 1 kg, pinggang aga melebar lagi karena cheatingnya berlebihan, makan nasi meskipun porsinya sedikit dan ngga tiap hari, keripik kentang, gorengan, ngga puasa makan, dan banyak lagi deh *kesel sebel campu aduk*

Pengen balik lagi ke protokol tapi godaannya itu minta ampun deh

alhamdulilah setelah 4 bulan dan banyak cheating bb masih ideal, foto kerudung pink sebelum menjalankan KF, dengan baju yang sama kerudung biru difoto bulan februari 2017

yang baru mulai atau yang masih cari-cari info bisa buka rangkuman kf disini

34 comments:

  1. Replies
    1. udah diupdate mba, maafkan telat lagi ngejar target ahir tahun, ikut KF juga ?

      Delete
  2. Salam kenal :) Sy bersyukur sekali nemu blog mbak, sy jg sedang demam, pilek dan batuk dahak sdh 5 hari. Ini memang penyakit kambuhan sy sedari kecil. Dulu, hampir 6 bulan sekali terkena batuk dahak dan flu. Sy sdh kf61. Mohon infonya mbak, selain ventolin, apalagi yg harus dikonsumsi supaya cepat reda? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nikmati prosesnya aja mba, biarkan badan yg nyembuhun sendiri, vco nya banyakin aja soalnya kl sy pas batuk trs minum vco dahaknya lbh lancar, bantu jg pk ih biar proses penyembuhan lbh cepat...smg lekas selesai hc nya yaaa

      Delete
  3. Asslm.. mbak, boleh minta diajarin bgm caranya .. setelah baca blog mbak, sepertinya tertarik utk mencoba.. tapi ga tau cara mulainya.. mohon bimbingannya ya mbak.. thanks before.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam wr wb silahkan kunjungi webnya ya mba, www.ketofastosis.com langsung cari artikel protokol aja disitu ada penjelasan untuk pemula ;)

      Delete
  4. mbak mau tanya vco ih kan mahal sekali,ada option lain kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. vco wajib, kalo ih ngga wajib tapi bisa sangat membantu saat kedatangan hc

      Delete
    2. Vco itu kl org sunda blg minyak kletik. Bikin sendiri jg gampang koq. Minyak kletik kr nama kerennya vco jadi mahal. Wkwkwk.
      Sebetulnya kl kuat, ga konsumsi vco jg gpp asal konsumsi santan kental yg lebih banyak plus minyak kelapa. Cuma memang akan lebih baik kl konsumsi vco atau minyak kletik td.

      Delete
    3. minyak kletik sm vco beda ya...vco tidak dipanaskan seperti membuat minyak kletik, coba cari info lg yg bener. VCO wajib untuk mempercepat keton, coba baca-baca lagi di web ketofastosis.com

      Delete
    4. Maaf mau nimbrung
      Minyak kletik it jadi minyak kelapa di keto
      Dan kalo sudah keto minyakgorengnya ya minyak kletik itu krn termasuk lemak baik, bukan lagi minyak kelapa sawit
      Saya juga membahas ketofastosis walau belum warrior.. Kalo mba Ocan berkenan ilakan mampir di blog saya www.fieaina.wordpress.com

      Delete
    5. iya mba kalo minyak kletik bisa di pakai bt goreng tp minyak kletik bukan vco seperti yang dibilang entahlah sipa itu namanya, karena proses pembuatannya berbeda

      Delete
  5. Wah mbak... Sy cheating rasanya spt yg mbak bilang, kaki mau baal kyk mau kesemutan,kliyengan pandangan kabur... Duh nyerah, ampun dah... Sy emg skt GERD udh lama kambuhan. Jd takut kalo efek cheating kyk mbak... Mual muntah diare... Sy KF14 tp bnyk cheatingnya jg sih. Td tergoda bgt ibu sy bikin singkong parut campur gula merah dan kelapa. Alhasil ya bginilah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal banyak loh testimoni yg GERD pada sembuh kalo kfnya sesuai protokol, ayo mba diulang lagi aja biar kabur penyakitnya

      Delete
    2. Siap, mbak... InsyaaAllah mau coba lagi... Doain yah hehe

      Delete
  6. Seru banget ya mba. Menahan godaannya itu sbnrnya yg susah. Mw diet apapun ya ttp aja susah nahan nafsu cheating. Hahaha... sy juga tertarik sm diet jenis ini. Perlu diketahui sejak 2bln terakhir sy diet herbalife mba. Sbnrnya sy ingin nanya klw diet ketofastosis ini ngabisin brp duit? Saya lg membandingkan dengan biaya diet herbalife yg saya jalani. Terus terang selama 2bln saya menjalani diet herbalife udh turun 6kg wlwpun naek turunnya jg iya. Awal mula timbangan saya 79kg skr 73-74kg. Ingin tau aja menurut mba mana yg terbaik. Makasih ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. yesss godaannya ampun deh...yg pasti lbh mahal herbalife lah, amunisi wajib kf cm vco dan teh hijau, harga vco yg 1 lt bs utk 1-1,5 bln harga tergantung merk 90-185, teh hijau bny d supermarket dr yg harga 6-12rb, kalo ih memang mahal 400rb tp ga wajib ada hanya saat hc dtg ih membantu bgt bt ningkatin imun badan

      Delete
  7. minum vco nya brp kali shari dan berapa takarannya..?
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  8. Mba, saya masih rancu untuk beberapa makanan yg termasuk karbo atau tidak, juga tentang pantangan makan sayur terlalu banyak, cm tanya, kalau tahu tempe msh boleh d konsumsi tdk ya? Hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk makanan yang dibolehkan bisa dibaca dirangkuman kf ya mba
      http://dakocanpunya.blogspot.co.id/2017/04/menjalankan-pola-makan-diet-ketofastosis.html

      Delete
  9. Mba, kalau teh hijau, ada rekomendasi ga merk apa yg dianjurkan? Trus saya pernah baca ada konsumsi kopi enema juga, itu sebagai pengganti teh dgn khasiat yg sama atau gimana ya mba.. Terima kasih.. 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua merk bisa ko mba, tapi saya lebih suka teh hijau wal*ni, ngga terlalu pekat paitnya...kalau soal kopi enema saya belum ngerti dan ngga mempelajari juga

      Delete
  10. Assalamualaikum, salam kenal mba..
    Mau tanya apakah ketofastosis bisa menyembuhkan tinnitus (suara berdenging ditelinga)?
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam wr wb
      maaf ya mba saya ngga bisa jawab, bisa hub mas tyo aja lewat messenger fb nya, pasti dijawab ko tapi lama, https://www.facebook.com/immunator.prasetyo?fref=ts

      Delete
  11. Replies
    1. ngga mba, saya orangnya malas olga hehe

      Delete
  12. Salam kenal mbak, sy umur 47 nih udah byk nyoba diet macem2 termasuk gak makan nasi. Ini lg mau nyoba diet ini mudah2an berhasil. Cuma mau tanya jk IH diganti madu murni apa bisa? Trus kl pas hc gak minum IH bgmana efeknya. Thanks a lot ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. madu selain ih boleh tapi harus dipastikan madunya benar2 asli ga ada tambahan pemanis, jadi menurut saya mending ngga usah pake madu sekalian kecuali kalau lihat langsung pengambilan madunya, ngga pake IH jg ga apa apa ko hanya saat HC aga lama membaiknya

      Delete
    2. Thank u buat jawabannya, mau tanya sedikit nih mbak... Sekarang sy sdg tdk diet keto, krn 1 minggu yg lalu sy diet keto smp 6 hari, sy alami mual kl bau daging dan ayam, jg pusing terus menerus spt terkena drh tinggi krn leher pun sakit. Yg mengganggu lg selama 6 hr diet ada 3 kali saya kram kaki setiap bangun tidur. Itu normal tdk ya? Krn setelah itu sy makan sayur dan buah semua yg saya rasakan itu hilang. Gmn ya mbak bertahan di diet keto ini. Thanks ya mbak.

      Delete
    3. itu sebenernya lagi proses detox dan adaptasi mba, kalo mual makan daging dan ayam bisa ganti dg banyakin makan keju, makan santan, whipcream pokonya makanan yg lemaknya tinggi aja, kalo ayam dan daging itu lebih banyak proteinnya. Kalo kram biasanya kurang minum n asupan garam. Kalo keto garam harus banyak buat mengikat nutrisi kalo ga salah.

      Delete
  13. Salam kenal ya mba.. aku lg coba nih diet keto nya udh 7 hari, tapi seperti nya aku berlebihan minum IH nya trs panik gt deh karna gula nya tinggi huaaaaaa

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...