Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Wednesday, April 29, 2015

Menikmati Stalaktit dan Stalakmit di Goa Gong Pacitan

Trip Pacitan ini sebenernya juga dah lama banget tapi mood buat posting disini baru dateng X_X seperti trip sebelumnya travel mate saya ke Pacitan masih bareng anak-anak BPI, destinasinya Goa Gong dan Pantai Klayar. Meeting point di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta kemudian bersama-sama menuju Pacitan menggunakan mobil minibus sekitar 4 jam kalau ga salah ya, soalnya lupa-lupa ingat dan seperti biasa terlelap sepanjang perjalanan tapi sempet juga ko menikmati pemandangan saat masuk wilayah Pacitan, waktu itu sih jalannya bagus banget kan namanya juga akses ke kota kelahiran mantan Presiden kita SBY, sepanjang jalan liat rumah-rumah tradisional Pacitan yang menurut saya sih unik, sayangnya saya lupa foto #:-s 


Tempat wisata yang pertama adalah Goa Gong di Desa Bomo Kecamatan Punung, sekitar 30 km dari Kota Pacitan. Dinamakan Goa Gong karena didalam goa ada sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti gong yang ditabuh, tapi saya tidak menemukannya atau tidak begitu memperhatikan :( karena udah ngga kuat berlama-lama didalam goa, rasanya sesak banget selain karena banyak pengunjung juga kedalaman goa bawah tanah ini sekitar 700m, lumayan dalem kan dan semakin ke bawah saya merasakan pengap luar biasa yang mengharuskan saya ngeluarin ventolin.


Untuk mencapai ke bawah ngga susah ko dan ga bikin adrenalin naek cuma harus kuat aja betisnya karena goa gong sudah difasilitasi dengan anak tangga. Saat di pintu masuk goa akan banyak ibu-ibu yang menjual jasa penyewaan lampu senter dan kadang sedikit memaksa tapi usahakan jangan kena rayuan mereka karena didalam goa sudah diberi lampu penerangan.

masuknya sihh OK tapi pulangnyaaaa tapeee bikin pala berbi pusyiiing :&
Meskipun saya tidak menemukan batu yang bisa bunyi tapi sepanjang jalan setapak disuguhi pemandangan yang luar biasa bagus yaitu batu-batu karst indah hasil ukiran alam yang Subhanalloh keren banget (y) kalau menurut si bebo mah itu namanya batu stalakmit dan stalaktit. Stalakmit adalah batuan yang terbentuk di lantai gua hasil dari tetesan air di langit-langit gua yang letaknya ada dibawah, sedangkan stalaktit merupakan mineral sekunder (speleothem) yang menggantung di langit-langit gua kapur.  Ga kan cerita banyak soal batu-batu karst cantik ini, silahkan menilai sendiri dari hasil jepretan saya dan teman-teman. 

 
 
 
 
 
 

Gimana keren kan ???? (*)
Yang punya asma kaya saya jangan lupa bawa ventolin ya ;)

next

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...