Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Thursday, April 30, 2015

Keunikan Pantai Klayar

Setelah Goa Gong lanjut ke Pantai Klayar yang terletak di Kecamatan Donorojo Pacitan Jawa Timur, jalannya berliku dan sempit tapi pemandangannya lumayan sih bisa lihat bukit-bukit.
Ada apa dengan pantai klayar ? sama aja  dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, air laut bening berwarna biru, pasir lembut kecoklatan, dan batu-batu karang tapi yang bikin pantai ini berbeda yaitu di batu karang besarnya ada batu yang seperti batu sphinx. Tau kan sphinx ? yang banyak ditemukan di Mesir cuma kalau di sana sphinx nya berbetuk kepala kalau yang di Klayar ga ada bentuknya tapi menjulang tinggi gitu deh. Selain itu juga yang lebih unik dan selalu ditunggu-tunggu oleh setiap wisatawan adalah seruling samuderanya, penasaran apa itu seruling samudera ? ntar saya liatin foto-fotonya di bawah ya.

Beberapa meter sebelum sampai di Pantai Klayar, kita sudah bisa melihat landscape pantai ini dari jalan raya yang berbukit, pemandangannya bagus banget kalau dari atas, waktu saya upload di G+ aja dapet ratusan like lho ;) emmm siapa yang nanya ya :P terlihat pohon-pohon kelapa yang berjejer sepanjang pantai, pasir coklat muda, dan tentunya air laut yang biru dan yang bikin tampak terlihat keren adalah batu karangnya yang besar. 


Setelah puas ambil foto landscape dan tentunya foto narsis juga, kita turun ke bawah menuju pantai, begitu sampai di Pantai Klayar hmmmm ko ga ada yang gimanaaaa gitu, cuma karang-karang yang berlumut hijau sama aja kaya di Gunung Kidul, eittssss itu kesan pertama lohhh coba deh melipir ke arah kiri menuju batu karang besar itu daaaannnnn barulah saya bisa bilang amazing \m/

biasa aja ya ???  #kesanpertama
mendekati bibir pantai maka akan menemukan batu-batu karang berlumut
telusuri pantai ke sebelah kiri maka akan menemukan pintu gerbangnya Pantai Klayar*
kalau liat ombak tenang begini rasanya pengen nyebur aja, berani ???
suka bingittt sma hasil foto ini, keren backgroundnya

Yupz amazing dan Subhanalloh kreasi cantik hasil alam lainnya yang ada di Indonesia, menurut saya pantai ini diam-diam menghanyutkan, kalau ombak lagi tenang memang terlihat menyenangkan apalagi kalau bisa nyebur mandi di laut di antara dua batu itu, kaya air di bathtub soalnya ga ada halangan tanpa  batu-batu karang dipinggir lautnya dan airnya terlihat tinggi penuh, tapi kadang suka tiba-tiba datang ombak tinggi yang langsung pecah di batu-batu karang besar itu yang menghasilkan cipratan dahsyat, terus sisa air laut yang mencapai pantai kesedot kembali ke tengah lautnya cepet banget, kita berdiri aja hilang keseimbangan dan berasa ikut kesedot bareng air dan pasirnya ke tengah-tengah, kalau kaya di Pantai Pangandaran kan paling saat air kembali ke tengah yang ketarik cuma pasir-pasirnya dan kita masih bisa berdiri tegak.

Makanya ga heran juga baca berita di Pantai Klayar awal tahun 2015 ada wisatawan hilang yang kebawa ombak saat berenang. So ga usah deh nyoba-nyoba buat berenang karena ombaknya ga bisa diprediksi kadang lembut kadang beringas, terlihat menggoda untuk dinikmati air lautnya tapi bisa ikut kevacum ke tengah laut. Sangat tidak disarankan bagi yang cuma bisa kecipuk-kecipuk #bahasapaini alias maen air buat basah-basahan di air doang kaya saya

saya yakin didalam laut itu ada vacuumnya =)) cepet banget menyusutnya*
ini sebenernya belum seberapa cipratan ombaknya, masih biasa aja*
*foto  hasil jepretan temenku

Selain punya pintu gerbang, Pantai Klayar juga punya penjaga lautnya yaitu si batu "sphinx" yang tadi saya ceritakan di awal, memang sih jauh banget sama batu sphinx aslinya karena ga berbentuk. Si dia berdiri tegak di pinggir laut seperti sedang menjaga pantai ini dari ombak-ombak nakal yang terus menggerus batu karang #lebay :P

Kalau pengen lebih mengenal si penjaga laut nan gagah ini melipir saja ke bagian kiri pojok, memang tempatnya dipagar kayu kalau dari kejauhan seperti ditutup akses jalan menuju batu karang ini. Tapi pagar itu menyisakan pintu kecil yang bisa kita masuki dan ada penjaganya, bukan si Mr. Sphinx ya ini asli orang tapi ga segagah setegap si mister.

Penjaganya ga cuma satu ada beberapa orang yang menjaga di pinggir-pinggir karang, mungkin buat mengawasi wisatawan yang kadang suka terlalu heboh saking asiknya narsis di pinggir karang, seperti kejadian di akhir tahun 2014 ada wisatawan yang ketarik ombak saat selfi dipinggir karang kemudian datang ombak besar yang memecah karang lalu ikut terbawa hanyut. Mereka juga menyimpan wadah plastik buat uang lelahnya, kita waktu itu iuran 5000/orang, ga ngasih juga ga apa apa sih tapi ga apa apa juga kan kalo ngasi :P bagi-bagi rejekilah

Mr.Sphinx nya Indonesia, sang penjaga laut

Mengexplore lebih jauh lagi dibatu karang besar ini maka akan ditemukan keunikan berikutnya dan yang paling banyak ditunggu-tunggu wisatawan yaitu seruling samudera, kenapa dikatakan seruling samudera ? dikarang besar itu ada celah sempit, ketika ombak besar datang maka air laut akan menyembur alias muncrat dari sela-sela bawah celah itu dan menghasilkan bunyi yang mirip suara seruling, sangat singkat dan cepat sekali. Kadang semburannya besar tapi kadang juga kecil tergantung ombaknya yang memang ga jelas itu, butuh puluhan menit kalau pengen dapat semburan besar tapi kalau lagi beruntung mungkin lebih cepat.

semburan dicelah-celah karang menghasilkan bunyi mirip suara seruling
semburan kecil cuma dapet air ludahnya doang =))
semburan pertama ini lumayan bikin kita heboh tapi beberapa detik setelah semburan pertama ujug-ujug ajah nyembur lagi lebih keras tambah heboh lagilah kita semua \m/
hati-hati ya kalau mau selfi di pinggir batu karang, selain ombak besarnya berbahaya kalau kebawa hanyut dibawah karang besar itu ada lagi karang-karang tajam, ini juga yang menyulitkan saat akan mencari korban hanyut yang pernah terjadi di Pantai Klayar

Setelah Pantai Klayar sebenarnya destinasi selanjutnya Pantai Banyutibo tapiiiiiii entahlah kenapa TS nya membatalkan, bikin bete juga sih...mudah-mudahan ada lagi kesempatan ke Pacitan, aamiin

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...