Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Friday, July 11, 2014

Sayur lodeh

Beberapa hari ini bebo ngomong terus pengen sayur lodeh yang tidak pernah saya ijinkan utuk dia makan karena lambungnya tidak bersahabat dengan santan. Ada penggantinya santan sih kalau tetep pengan sayur lodeh yang aman dia makan, santan diganti dengan susu kedelai, pengen nyoba tapi bebo malah bilang kalau ga pakai santan ya ga usah bikin. Hadeeeuhhh ya sudah sekali kali bahagiakan dia lewat makanan dengan catatan kalau lambungnya kembung dan sakit ga boleh ngeluh.

Jenis sayuran untuk sayur lodeh sama dengan sayuran yang ada di sayur asem, biasanya tiap daerah suka beda dikit tapi yang pasti sama adalah daun melinjo, buah melinjo, dan jagung manis.  Sayuran lainnya seperti labu siam, pepaya muda, kacang panjang, nangka muda, cabe hijau, terong ungu dan tomat. Untuk lodeh bisa juga ditambahin tempe atau tahu sumedang atau tahu baso.


Bahan  :

3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
3 buah cabe merah
terasi sesuai selera
1 butir kemiri
Garam
Gula merah
Santan 200ml
 
Cara membuat :

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, terasi, kemiri  memakai blender biar cepat dan tidak pegal
Setelah halus tumis bumbu hingga harum kemudian sisihkan
Masak air sampai mendidih, masukan sayuran yang sudah dicuci, tahapannya buah melinjo dan jagung manis terlebih dahulu, setelah terlihat mulai empuk masukan sayuran lainnya.
Masukan  bumbu tumis dan santan, kemudian garam dan gula
Aduk hingga sayuran empuk, setelah santan masuk usahakan diaduk terus supaya hasilnya menyatu antara santan dan air.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...