Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Friday, July 11, 2014

Lotek mentah khas sunda (karedok)

Habis nyoblos di TPS lewat rumah makan sunda yang pasang gambar menu paket makanan khas sunda gede banget, salah satunya ada lotek waduhhh langsung air liur banjir dimulut, udah dibayangin lotek dan ikan asin hmmmm ternyata bebo juga punya pikiran yang sama akhirnya mampir ditukang sayur beli sayuran dan kacang tanah, pede aja padahal belum buka om google bahannya apa aja, ingetnya ke lotek ceu engkoy di daerah cikadut Bandung. Lotek khas sunda itu ada 2, ada lotek atah (mentah) dan lotek asak (mateng), mungkin kalau dirumah makan lotek mentah bisa masuk ke kategori karedok. Lotek atah terdiri dari sayuran segar sedangkan lotek asak sayurannya dikukus/rebus dulu. Yang bikin beda lagi jenis sayurannya selain kol dan kacang panjang kalau lotek asak ada labu siam dan kangkung.

Setelah sampai dirumah baru deh browsing dan ternyata banyak yang terlewat seperti kencur dan daun kemangi, untungnya di taman kita nanam kencur jadi ga perlu balik ke tukang sayur kalau kemangi ga apa apa lah ga pake juga.



Bahan

Sayuran seperti kol, toge, terong hijau, dan kacang panjang
3 sendok makan kacang tanah tapi kalau saya ditambahin lebih banyak karena suka dengan bumbu kacangnya.Kupas kulitnya dengan cara kacang tanah disangrai terlebih dahulu biar gampang misahin kulitnya.
Kencur
3 siung bawang putih
Gula merah
Terasi bakar
Cabe rawit
Air asem
Garam

Cara membuat

Sayuran dicuci, kacang panjang potong korek api, kol potong tipis, terong hijau potong tipis lalu tiriskan.
Haluskan kencur, bawang putih, gula merah, terasi bakar, cabe rawit, dan garam. Kalau dihaluskan pakai blender jangan terlalu halus dan air asam masukan sekalian tapi jika mau diulek air asamnya tambahkan sedikit demi sedikit supaya enak nguleknya ngga terlalu berat. Pilihan saya diblender dong
Bumbu halus satukan dengan sayuran sampai rata.
Lotek siap dihidangkan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...