Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Saturday, July 05, 2014

Kolak pisang tanpa santan

Salah satu tajil favorit orang Indonesia adalah kolak, apalagi kalau di tambah es waduuuhhhhh rasanya nikmat banget setelah seharian menahan dahaga. Setiap mau bikin kolak suka ragu ragu dan jadi merasa bersalah karena bebo sangat tidak bersahabat dengan santan, efeknya ga pake nunggu lagi, langsung perutnya kembung dan melilit. Pernah bikin terpisah antara kolak dan santannya tapi emang berasa kurang pas kalau kolak tanpa santan jadinya bebo malah minta di tambah santan sedikit biar gurih katanya. Akhirnya selama 2 kali bulan puasa ga pernah bikin lagi, kalau dia mau paling beli sendiri, setidaknya bisa ngurangin rasa bersalah saya.
Iseng buka om google, ada resep bikin kolak tanpa santan tapi gurihnya ga ilang, saya coba deh di rumah, ternyata bener hasilnya enak dan gurih meskipun tidak segurih memakai santan. Bebo juga suka.
Dicoba yuk resepnya, buat pemula ini gampang banget.
Pisang tanduk 3 buah
Kolang kaling 1 bks
Gula merah 100 gr
Susu cair 500 ml
Keju (sesuai selera)
Garam 1 sdt
Gula pasir 1 sdm
Air 200 ml
Potong pisang dengan bentuk serong atau sesuai selera, bersihkan kolang kaling.
Masukan air, susu cair, gula merah, keju, garam ke dalam wadah dan rebus hingga larut.
Masukan pisang dan kolang kaling tambahkan gula pasir jika berasa masih kurang manis. 
Masak hingga pisang dan kolang kalingnya empuk. Tambahkan juga daun pandan jika ada.
Dan kolak tanpa santan siap di nikmati
Tips : saya pakai keju gouda tapi ternyata susah larut dan jadi kental, sepertinya lebih bagus pakai keju kraft.

2 comments:

  1. kalau keju diganti dg bluband/margarin bisa kah?makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya kalau pakai margarin lemaknya terlalu banyak dan kuahnya jadi kaya berminyak gitu tapi ini baru perkiraan saya aja, coba aja dulu mba ntar kasi tau ya hasilnya gimana ;)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...