Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Tuesday, February 18, 2014

Tempat isi perut di Kota Cirebon

Kota Cirebon dari tahun ke tahun semakin berkembang, pembangunan perumahan penduduk semakin menggerus persawahan dipinggir-pinggir kota, pembangunan pusat pertokoan juga mulai menggeliat, dan sudah dipastikan tempat untuk menyalurkan hasrat memanjakan lidahpun mulai bertebaran. Di blog ini saya hanya akan share beberapa tempat makan yang  memanjakan lidah saya.






RM. Sea Food Mang Moel
Ini merupakan resto sea food favorit saya, untuk ukuran restoran sea food harganya ngga terlalu menguras kantong dengan porsi yang cukup besar, enaknya makan disini rame-rame jadi bisa pesan menu berbagai macam sea food dan ngga mubazir, kalau sendirian pesan lebih dari satu menu kayanya ngga akan muat diperut. Menu yang paling enak di lidah menurut saya adalah kepiting soka, udang jumbo hot lady dan udang bakar.


RM. Super Sambal
Resto yang satu ini bagaikan rumah kedua, kalau ngga ada teman makan barengpun saya bisa menuju resto ini sendirian untuk meredam rasa lapar. Terletak di jl. tuparev dan jl ampera raya, selain enak dimulut juga enak dikantong :f: eh sebenarnya bukan murah sih tapi berasa murah soalnya mereka menyajikan menu dengan porsi sedikit dengan harga dibawah 10rb, jadi berasa murah kan ? kalau sudah ditotalin sih ya sama aja sekali makan bisa habis minimal 20rb. Buat yang ngga suka pedas ngga usah khawatir soalnya yang super pedasnya adalah sambal, masakannya sih normal bisa masuk dimulut yang tidak suka pedas. Menunya sederhana mulai dari udang dan cumi goreng, tahu gr, jamur tepung, pecel, telur, ayam, jeroan, ikan dan berbagai macam sambal. Sambal yang selalu harus ada dimeja saya adalah sambal belut, maknyos banget kalau ditaburin ke nasi. Kalau kantong lagi pas-pasan biasanya saya cuma pesan telor dadar pedas, sambel belut, dan tahu.



RM. Mang Djaja
Resto yang satu ini terletak di sumber tepat depan SMP Sumber, menu yang ditawarkan beraneka ragam makanan khas Jawa Barat dari segi harga sih standar lah dengan porsi yang cukup buat berdua, jadi enaknya makan di mang djaja kalau rame-rame, tempatnya lumayan enak dengan ala lesehan dipinggir kolam ikan. Pada saat jam makan siang resto ini selalu penuh, maklumlah dekat banget sama perkantoran dan wilayah pemda.


Nasi Jamblang 
Penjual nasi jamblang di kota ini banyak banget, dari yang memakai bakul sampai kelas restoran. Nasi yang disajikan dengan daun dengan ukuran kecil-kecil, lauknya beraneka macam mulai dari balakutak, sate udang, sate kerang, tahu kuah, tahu tempe goreng, perkedel, otak sapi, telur dadar, asin jambal, jeroan sapi, balado pindang tongkol, semur daging, dan masih banyak lagi. Kalau rasa sebenernya hampir sama, yang beda mungkin dari harga dan tempat. Kalau untuk kelas kaki lima biasanya tempat favorit saya di depan Polres Sumber yang mau ke arah perkantoran pemerintah, dengan 10rb bisa dapat nasi+tahu kuah+otak sapi. untuk yang sekelas rumah makan yang pernah saya kunjungi dan lumayan sering itu di Pelabuhan, Otoy Ibad Jl. Cipto diparkiran lido, Mang Dul depan Grage Mall, dan Bu Nur Jl. Cangkringan. Dari ke empat tempat itu yang paling favorit adalah otoy ibad karena udang dan balakutaknya besar-besar paling mahal makan disini habis 25rb, kalau mang mul itu porsi lauknya imut-imut dan tempatnya kurang besar, di pelabuhan harus pintar-pintar mengusir lalat besar yang selalu ingin ikut berpartisipasi dipiring kita, dan bu nur tempatnya enak dan masakannya agak berasa pedas semuanya.



Pedesan Bebek dan entog
Makanan paling bikin nambah nafsu makan itu adalah pedesan entog atau bebek, yang dimasaka dengan cabe hijau ditambah bumbu rempah-rempah, bisa kita temuai di nasi jamblang otoy ibad namanya kalau ga salah pedesan ibu nani kalau ga salah, rasanya wuuiihhh super deh bikin nagih tapi buat yang ga suka pedas juga tersedia. Satu lagi di daerah weru namanya bebek mas nana tapi pedesannya pakai kuah dan ga terlalu pedas, yang ga pakai kuah disitu namanya rica rica bebek.





Nasi Lengko
Nasi lengko yaitu nasi dicampur toge, irisan tempe tahu, disiram kuah kacang dan kecap manis. Nasi lengko ini juga seperti halnya nasi jamblang banyak ditemui dimana-mana. Untuk sekelas rumah makan bisa datang ke Jl. Pagongan, jika menu berasa terlalu sederhana bisa pesan tambah dengan sate kambing cuma biasanya lemaknya lebih banyak daripada dagingnya hehe jangan lupa sambil nunggu pesanan datang bisa pesan tahu gejrot. Untuk kelas kaki lima di daerah Plered arah ke sumber sebelah kanan, disini juga bisa pesan sate kambing, malah lemaknya sedikit dan empuk banget.




Ayam Goreng Bahagia
Didaerah Jl. Bahagia ada penjual ayam kampung goreng dan jeroannya, saya makan disini jarang banget soalnya harganya lumayan nguras dompet tapi ayamnya enak apalagi sambalnya.


RM. Ola-ola
Resto ini punya tempat yang cozy buat nongkrong bareng temen-temen, tempatnya homy banget dengan arsitektur bangunan jadul dan sepi, enak buat tempat curhat berlama-lama. Makanannyapun lumayan enak tapi kalau soal harga sih ya standarlah di bilang murah ngga, dibilang mahal juga ngga,  menu beragam dari mulai daging bebek, ayam, sapi, ikan dengan kreasi berbagai macam olahan. Alamatnya di Jl. Setiabudi No 28 Cirebon.


RM. Gule Kepala Ikan Mas agus
Terletak di jalan Kartini, menunya cuma ada dua tapi berhubungan dengan kepala ikan yaitu gule kepala ikan dan tom yam kepala ikan. Salah satu hobi saya adalah bongkar kepala ikan maka resto ini menjadi pilihan buat isi perut. Harga per porsi Rp 15.000, rasanya enak dan ngga bau anyir.

Warung Bang Jack
Bagi penyuka daging coba sempetin ke restonya Bang Jack, menu dari berbagai macam olahan daging ada disini tapi yang paling saya suka adalah nasi kebuli daging kambing. Selain menu dari berbagai macam daging ada juga sea food tapi rasanya ngga terlalu pas di lidah saya. Tempatnya lumayan cozy sih karena banyak pohon-pohon dan batu alam, tepatnya di Jl. DR Sudarsono.






Coffe Tiam
Cafe yang satu ini biasa saya kunjungi kalau lago nongkrong sama temen-temen buat seru-seruan atau buat melepas jenuh, kalau masih single bisa juga buat tempat cuci mata liat anak-anak muda cirebon yang rada mencrang. Sesuai dengan namanya menu utama adalah berbagai macam coffe tapi banyak juga menu buat mengenyangkan isi perut atau sekedar teman ngopi. Tempatnya ada di Jl. Kartini.







RM. Sendang
Masih didaerah sumber, resto makanan khas Jawa Barat yang satu ini selalu penuh bahkan untuk makan siang kalau ngga booking dulu sudah dipastikan bakalan lama dilayaninnya dan terburuknya ngga kebagian tempat, sebenarnya tempatnya lumayan nyaman dengan saung lesehan dipinggir kolam ikan, masakannya juga lumayan enak tapi kucingnya buaaanyakkk banget dan pelayannya rada-rada jutek gitulah. Makanya kalau makan di resto ini biasanya kalau ada acara gretongan yang lumayan sering :f:  kalau maksain harus datang sih males banget deh.




Kedai Nongkrong
Tempat yang satu ini cukup nyaman untuk nongkrong-nongkrong sama teman-teman apalagi kalau ambil tempat yang pas dipinggir kolam koi, yang kurang enaknya sih harganya :f: harus pas abis dapat gajian. Menu makannya beraneka macam ada masakan barat, masakan nusantara dan masakan china. Kedai ini berada di Jl. Pekalangan, kalau dilihat dari luar sih kaya tembok berlin dengan pintu masuk ditengah.



Cikalahang
Buat penikmat ikan harus coba datang ke tempat ini, di Cikalahang Dukupuntang banyak tempat-tempat makan yang menyajikan berbagai macam menu makanan dari ikan. Tempatnya berupa lesehan dipinggir kolam ikan, sambil nunggu makanan datang kita bisa menikmati ikan-ikan mas yang ukuran besar menghampiri dan memohon untuk diberi makanan. Ngga cuma tempat makan tapi kolam renang juga ada, cocok buat ngajak liburan keluarga.



Bebek Blengong
Makanan khas dari brebes, bebek bakar di siram kuah kacang semacam kuah pecel, di taburi bawang merah mentah, bisa kita temui di Jl. Tuparev yang deket gapura selamat datang kota Cirebon. Pilihannya selain bebek ada ayam, rasanya duhhhh mantap pokoknya. Tempatnya lesehan di trotoar jalan hehe  




Mie ayam pagongan
Sejajar dengan nasi lengko pagongan ada tukang jualan mie ayam di trotoar samping Jogja Dept Store, tempatnya selalu rame, rasanya lumayanlah buat penghilang rindu makanan mie.


Itulah beberapa tempat makan yang menjadi pilihan saya selama 6 tahun tinggal di Cirebon, masih banyak lagi tempat makanan dengan sajian makanan khasnya tapi tidak saya rekomendasikan.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...