Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Monday, February 17, 2014

Oleh-oleh khas Cirebon

Mulai saat ini kalau ke Kota Cirebon harus mikir buat oleh-oleh nih, ada beberapa oleh-oleh yang saya tahu bisa dijadikan pilihan.

Batik

Batik khas Cirebon sudah terkenal di dalam negeri maupun luar negeri, salah satu corak batik Cirebon yang terkenal adalah mega mendung. Pusat batik di kota ini berada di Trusmi Plered, harganya mulai dari 35ribu sampai jutaan. Tapi biasanya yang harga murah itu bukan batik khas Cireon tapi dari Pekalongan, sementara yang khas Cirebon  lumayan mahal di atas 100ribu dan warnanya tidak seterang batik-batik Pekalongan. 


Kerupuk 

Menurut saya Kota Cirebon banyak menghasilkan berbagai macam jenis kerupuk dan rasanya emang enak-enak, mulai dari kerupuk aci yang biasa suka dijual di warung-warung sampai kerupuk yang harganya lumayan mahal seprti kerupuk udang dan ikan. Kerupuk favorit saya adalah kerupuk melarat, sekarang banyak tuh dijual kerupuk melarat diluar kota ini tapi sayangnya kerupuk-kerupuk tersebut dicampur dengan pewarna berbahaya bahkan yang warna putihnyapun memakai zat pemutih. Tapi langganan saya sudah dipastikan tidak memakai pewarna berbahaya, karena merupakan binaan dari Dinas Ketahanan Pangan. Tempatnya ada di Weru Plered masuk gang dikit, kerupuk yang dijual macamnya banyak ada kerupuk melarat baik yang pedas maupun tidak, kerupuk unyil yang super gurih, dan kerupuk kulit yang ngga bikin seret di tenggorokan. Sedangkan kerupuk udang dan ikan bisa kita beli di pasar pagi.

Ikan Asin dan Terasi

Kalau kita masuk ke toko oleh-oleh yang paling banyak dipajang selain kerupuk adalah ikan asin dan terasi, terasi khas Cirebon macamnya banyak dan rasa disusuaikan dengan harga. Yang paling mahal sudah pasti yang paling enak dan paling gurih. Ikan asin sudah banyak juga yang dijual dengan olahan seperti balado, rasanya enak manis asin gurih.



Sirup Tjampolai

Sirup ini sebenarnya bisa kita jumpai di toserba-toserba di luar Kota Cirebon, males kalau ada yang minta dibawain sirop soalnya selain berat juga rawan pecah. Rasanya emang lebih enak daripada sirop-sirop lainnya dengan merk-merk terkenal, tidak terlalu manis dan tidak berbau obat batuk #menurut saya. Yang paling banyak dicari biasanya tjampolai rasa pisang susu, sirop ini cocok banget untuk es campur. Sedangkan tjampolai untuk menghilangkan dahaga enaknya rasa jeruk nipis, seger-seger gimana gitu.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...