Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Monday, February 17, 2014

Kuliner murah di Kota Cirebon

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menyampaikan beberapa tempat wisata yang ada di Kota Cirebon, sekarang saya ingin sedikit share tentang makanan khas kota ini sekedar melepas kerinduan  terhadap makanan-makanan unik kota Cirebon yang pernah saya cicipi.  

Nasi Jamblang

Nasi yang satu ini kayanya merupakan icon kota Cirebon, sejauh mata memandang tulisan nasi jamblang banyak kita temui, ngga cuma dijual di tempat-tempat makan tapi juga banyak mbok-mbok bakul yang menjual dari rumah ke rumah atau dari kantor ke kantor. Menu dan rasanya sih sama ditiap tempat yang menjual nasi ini yang beda cuma dari harga dan ukuran. Yang terkenal sejak dulu adalah nasi jamblang Mang Dul depan mall Grage tapi saya lebih suka nasi jamblang Otoy Ibad di pusat jajanan Lido depan Carefour, ukurannnya lebih besar dan harga bersahabat banget sama dompet. Atau kalau mau lebih murah lagi ada di dekat Polres Sumber pas perempatan kawasan pemkab dan perum Korpri.

Bubur Sop

Pertama kali diajak mencicipi bubur ini terus terang aja ga berselera banget soalnya kaya muntahan orang, bubur ditambah kuah sop ditaburi daging ayam, kacang kedelai, bawang-bawangan, dan kerupuk. Pendukungnya sate telor puyuh, sate atiampela, dan sate usus ayam. Tapi setelah menyenggol lidah yaaaa ternyata lumayan enak juga apalagi kalau dimakan pas lagi ga enak badan :f: #bubur bandung tetap jagonya.
Menurut saya bubur sop yang paling enak ada di daerah sumber dekat pasar sumber, kuah sopnya maknyos gurih dan bisa minta dikasi tulang.

Mie Koclok

Jangan pernah berpikir kalau mie koclok itu sama dengan mie kocoknya Bandung, jauh berbeda seperti langit dan bumi meski cuma beda satu huruf, dulu liat tulisan di pinggir jalan "Mie Koclok" memori saya langsung ingat mie toge pakai kikil yang cocok banget kalau dimakan lagi musim hujan, ternyata setelah mangkuk mie ada didepan mata ihhh beda banget sama yang dibayangkan. Mie koclok khas Cirebon isinya mie, kol, toge, telur rebus, suwiran ayam yang ditaburi bawang goreng dan daun bawang disiram kuah kental gurih dari santan. rasanya ??? enak sih gurih banget, bisa ditemukan di daerah Lawang Gada. 

Pedesan Entog

Makanan khas yang satu ini nih yang selalu membuat saya rindu, ngebayanginnya aja perut langsung goyang n lidah dibanjiri air liur :f: Biasanya hidangan ini menjadi menu wajib saat petani melakukan pesta panen pertama, dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah wangi yang dihaluskan dengan cabe hijau. Bedanya pedesan entog Cirebon dengan Indramayu, setahu saya kalau Cirebon lebih kering atau cemek cemek sementara Indramayu berkuah, kalau pedasnya sih sama-sama meledak di mulut dan perut. Yang enak menurut lidah saya sebenarnya belum dijual dimanapun harus pesan ke salah satu teman kantor tapi jika kepepet pengen banget bisa ditemui di nasi jamblang Otoy Ibad pusat jajanan Lido depan carefour.

Sambel Asem

Makanan ini adalah salah satu makanan favorit saya, hampir tiap hari ga bisa terlepas dari yang satu ini soalnya rasanya itu loh ampyuuunnnn dah bikin nagih. Sayuran seperti kangkung, paria, toge, dan daun pepaya disiram saus kacang pedas dan saus gula asem ditaburi kerupuk melarat. Kalau pengen kenyang bisa ditambah lontong, bihun dan bakwan. Sambel asem banyak dijual mbok-mbok bakul atu bisa ditemui di pasar kanoman lantai 1.


Nasi lengko
 
Buat anak kos kalau lagi boke ngga perlu ganti menu makan ke mie rebus, dengan 3000 rupiah bisa mendapatkan nasi dicampur toge, tahu dan tempe disiram saus kacang ditaburi daun bawang. Kalau lagi ada uang lebih ya bisa minta ditambah telur dadar atau ayam goreng atau sate. Makanan ini juga banyak dijual pedagang keliling atau warung nasi. Salah satu nasi lengko yang terkenal ada di daerah Pagongan, di warung nasi ini nasi lengko dihidangkan dengan sate lemak.




Tahu Genjrot

Yang satu ini ngga cuma dijual oleh pedagang keliling tapi bisa dijumpai juga direstoran bahkan selalu menjadi pilihan snack untuk pesta pernikahan karena rasanya emang enak. Tahu coklat yang mirip tahu sumedang disiram air gula asem, bumbunya bawang merang, cabe rawit dan garam ditambah kecap asin. Kadang kalau lagi pengen banget suka bikin sendiri dirumah. Di Cirebon tahu gejrot enak bisa ditemui di Pagongan depan warung nasi lengko atau di pasar kanoman depan toko oleh-oleh.

Es Tawuran

Cucok banget nih minuman yang satu ini soalnya Cirebon kan super duper panas, ngga jauh beda sih sama es campur, cuma uniknya es ini dihidangkan di batok kelapa. Bisa ditemui di sekitar Weru Plered.






Empal Gentong

Makanan yang satu ini sudah banyak dikenal masyarakat luas diluar Kota Cirebon. Daging sapi dan jeroan sapi disiram kuah santan kental ditaburi irisan daun kucai, bisa di tambah kerupuk kulit jika suka. Yang terkenal di kota ini ada di Jl. Surapati No. 1 Empal Gentong Ibu Darma. Saya sendiri selama tinggal di Cirebon baru satu kali mencicipi karena kurang berselera saat lihat jeroan seperti babat direbus dalam satu gentong yang digunakan untuk kuahnya. Masih kebayang makhluk utek-utek dalam babat #jaman kuliah.

Tahu Petis

Jajanan ringan yang satu ini enaknya dijadikan cemilan, tahu coklat yang dibelah segitiga ditaburi garam dan dilengkapi saus petis pedas yang di bungkus kertas nasi ukuran kecil, kalau suka sama sausnya harus minta tambah sama si penjual. Menurut saya yang paling enak tahu petis ini ada di daerah sumber yang jalannya sejalur ke arah majalengka.






Tahu Intip

Makanan ini enaknya jadi lauk untuk nasi, sebenarnya sama dengan pepes tahu cuma bedanya didalamnya ditambah kulit tahu dan jamur kemudian di bakar, rasanya ada yang pedas ada yang biasa, saya lebih suka yang pedas. Intip tahu yang paling enak tempatnya lumayan jauh dari Kota Cirebon yaitu di Sindanglaut. 



Dan masih banyak lagi makanan-makanan khas Cirebon yang belum saya coba beberapa diantaranya yang saya tahu adalah  doclang, sate kalong, dan empal asem.























1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...