Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Thursday, July 18, 2013

Menjelajah tiga kota di Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara yang terletak di Jazirah Arab, tempat kelahirannya Nabi Muhammad SAW dan sebagai tempat tumbuh kembangnya agama Islam. Setiap tahun negara ini banyak dikunjungi umat muslim sedunia untuk melaksanakan haji dan umrah. Kota yang paling sering dikunjungi terutama bagi jemaah dari Indonesia adalah Mekkah, Madinah dan Jeddah. Begitupun saat saya melaksanakan umroh, disela-sela waktu diluar pelaksanaan ibadah umroh kami dibawa menjelajah ketiga kota tersebut oleh pembimbing meskipun tidak seluruh tempat kami kunjungi karena keterbatasan waktu.

Saudi Arabia
Mekkah adalah kota suci tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW, terdapat Masjidil Haram dan Ka'bah sebagi kiblatnya umat muslim. Madinah merupakan kota yang ramai diziarahi, terdapat masjid Nabawi dan beberapa tempat bersejarah dalam perkembangan Islam. Jeddah adalah kota dagang yang memiliki pelabuhan utama sebagai sentral perdagangan, terdapat makam Siti Hawa istri Nabi Adam AS.

Disekitar Masjid Nabawi kita bisa ziarah ke pemakaman baqi dan rumah-rumah bekas para sahabat nabi yang dijadikan mesjid. Pemakaman Baqi merupakan komplek pemakaman yang berada di Madinah dekat halaman Masjid Nabawi. Terkenal dengan kemuliaan tempatnya karena dekat dengan makam Rasulullah SAW dan juga merupakan makam istri-istri dan sahabat-sahabat Rasulullah SAW. Tempatnya hanya dibuka bagi laki-laki setelah sholat shubuh s/d 8.30 WAS dan setelah sholat ashar selama 1 jam.  Didekat Masjid Nabawi juga bisa dijumpai pusat perbelanjaan, mulai dari toko emas yang berderet di samping masjid, toko kurma, toko baju, dan toko pernik-pernik untuk oleh-oleh, harga-harga barang di Madinah ternyata lebih murah daripada di Mekah jadi buat beli oleh-oleh lebih baik belanja di Madinah. Kita juga diajak ke perkebunan kurma tapi ternyata harga kurmanya lebih mahal dari yang dijual ditoko kurma dekat masjid Nabawi, 1 kg kurma ajwa 120 real  sedangkan di toko kurma 70 real tapi diperkebunan kurma ada manisan-manisan yang sulit kita jumpai di sekitar masjid Nabawi dengan harga 1 kg 40 real. Di kota Madinah juga terdapat tempat percetakan Al-qur'an terbesar, mencetak sebanyak 12 juta eksemplar per tahun, yang bisa masuk dan mendapat hadiah Al-qur'an hanya laki-laki sedangkan wanita harus membeli dengan harga 40 real. Tidak berada jauh dari mesjid Nabawi terdapat mesjid-mesjid kecil yang merupakan bekas rumah para sahabat nabi, bangunannya sederhana dan terawat.

Kota Madinah
Masjid dimana pertama kali Rasulullah SAW melaksanakan sholat istikharoh
Rumah sahabat nabi yang dijadikan masjid
Pusat perbelanjaan disekitar Masjid Nabawi, harga barang yang dijual dijalan dengna yang ada di toko atau mall harganya lebih mahal di mall jadi kita harus banyak nawar sedangkan yang dijual di jalan sudah harga pas kecuali kita bisa lebih pintar lagi menawar
kalau bosan dengan makanan hotel bisa cari fastfood didekat masjid Nabawi, kebab 5 real, 1 paket ayam dengan kentang 8 real
toko-toko emas arab banyak dijumpai di samping masjid Nabawi
toko kurma ini milik orang madura tapi tetep ga bisa ditawar harganya padahal sodara senegara ya :f:
Percetakan Al-Qur'an

Lanjut ke kota Mekkah, kami dibawa ke Jabal Rahmah yaitu sebuah bukit tempat bertemunya kembali Nabi Adam AS dengan istrinya setelah terpisah lama saat diturunkan dari surga ke bumi. Mencapai bukitnya tidak terlalu sulit, sudah dibuat tangga supaya pengunjung bisa dengan mudah naik ke atas atau bisa mencoba naik melalui batu demi batu tapi harus lebih hati-hati karena curam dan licin. Dipuncak bukit terdapat monumen batu dan biasanya pengunjung mulai memanjatkan doa untuk memperoleh pasangan hidup bagi yang single atau memohon dilanggengkan hubungan bersama pasangan kita asal jangan minta pasangan lagi kalau yang sudah menikah :f: , yang sangat disayangkan adalah banyak pengunjung mencorat coret batu-batu besar di bukit ini menuliskan namanya dan nama pasangannya, meskipun tidak dilarang tapi menurut saya batu alam itu akan terlihat cantik jika bersih dari tangan-tangan jahil. Dari Jabal Rahmah melaju ke Jabal Qur'ban yaitu bukit tempat dimana Nabi Ibrahim AS akan memenggal kepala anaknya Ismail tapi kemudian Allah menggantinya dengan hewan qurban. Ditempat ini kita cuma melewatinya kemudian diajak melihat-lihat tempat-tempat  pelaksanaan ibadah haji. Bis kemudian berhenti di sebuah peternakan unta, kami disarankan untuk mencoba susu unta dengan harga 5 real, rasanya ga amis kaya susu sapi dan lebih manis. Diberi kesempatan juga buat bermesraan dengan para unta mumpung lagi di Arab. Selain Jabal Rahmah kita juga mengunjungi Jabal Nur dan Jabal Tsur tapi saat sampai di dua tempat tersebut dan dipersilahkan turun, tidak ada satupun yang turun kerena kami lebih memilih melanjutkan tidur di bis :f: maklum bangun jam 1 pagi dan belum bisa istirahat, jadi perjalanan di bis digunakan untuk istirahat guna mengumpulkan tenaga kembali untuk berthawaf :h: Jabal Nur adalah tempat pertama kali Rasulullah SAW menerima wahyu QS Al-Alaq, ayat ini diterima saat Rasulullah SAW sedang melakukan tafakur didalam gua yang dikenal dengan nama Gua Hira. Jabal Tsur adalah bukit tempat berlindungnya Rasulullah SAW dan Abu Bakar dari pengejaran kaum Quraiys.

Di Mekkah terdapat jam tertinggi di dunia, besar menara jamnya mengalahkan menara big ben yang ada di London. Yang menarik selain jam adalah burung-burung merpati jinak yang bebas berkeliaran, sepertinya Mekkah merupakan surganya mereka karena kalau di Indonesia mereka bakalan habis diburu :f: , cukup dengan membawa biji jagung saja dipastikan mereka  akan emndatangi dan berkerumun disekitar kita. 

Jabal Rahmah
Terowongan Mina
Peternakan Unta
Ayoo merpati makan yang banyak ya
Jam terbesar di dunia, tepat didepan Masjidil haram

Dua hari sebelum pulang ke Indonesia, kami diajak ke kota Jeddah, tempat yang pertama kami datangi adalah Balad sebuah pusat perbelanjaan yang sangat terkenal dikalangan jemaah Indonesia terutama toko Ali Murah yang barangnya tidak murah :f: berbagai macam barang dijual di tempat ini dari sepatu, jam tangan, kacamata, baju, emas, dan lain-lain, jika kita sudah dilayani oleh pelayan toko kemudian tidak jadi membeli siap siap saja dikasi muka asem sambil nendang kursi :f: hati-hati juga dengan penjual asongannya sekali kita tanya harganya berapa maka dia akan mengikuti kemana kita pergi sampai ahirnya kita beli. Dari Balad melaju ke Pantai Laut Merah dimana terdapat sebuah mesjid yaitu mesjid terapung. Laut merah bukan berarti air lautnya merah #itu pikiran pertama saya# tapi katanya lautnya banyak ditumbuhi ganggang merah dan itu juga jarang saya temukan, ga ada yang istimewa sih ditempat ini, lautnya kaya di Ancol. Sementara mesjid terapung yang saya bayangkan mengapung ditengah laut ternyata bangunannya ada tepat dipinggir laut jika air laut pasang baru deh akan terlihat "seperti mengapung" di laut.

Mesjid Terapung di Laut Merah
Arab Saudi juga terkenal dengan hukuman pancungnya, pemerkosa, pembunuh, pengedar narkoba dan kejahatan berat lainnya biasanya hukumannya adalah hukuman pancung. Sedangkan untuk kejahatan seperti mencuri biasanya akan dipotong anggota badannya. Hukuman tersebut dikenal dengan nama qishos, dilakukan setelah sholat jum'at disebuah masjid yang dikenal dengan nama Masjid Qishos, mesjid ini terdapat di kota Jeddah.

Masjid Qishos

Selesai sudah menjelajah tiga kota di Arab Saudi, bangunan dan keadaan kotanya memang jauh lebih baik dari Indonesia tapi negara kita tetep masih jago diurusan keindahan alamnya, pantesan kalau saya upload foto yang ada pepohonan hijau atau cuma sawah pasti temen-temen FB dari Arab selalu terkesan dan bilang bagus sekali negaramu, apalagi kalau upload pantai, air terjun, sunset, danau dan gunung mereka langsung tanya lokasinya ada dimana supaya saat berlibur ke Indonesia bisa mengunjunginya. So mari kita jaga dan cintai alam Indonesia :c:












No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...