Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Wednesday, May 01, 2013

Pilihan transportasi umum di Korea Selatan

Jalan-jalan ngga pakai jasa travel itu berarti kita harus berpikir transportasi selama berlibur, pilihannya bisa sewa kendaraan atau pakai transportasi umum. Saat di Korea Selatan kami sepakat menggunakan transportasi umum daripada sewa kendaraan supaya bisa lebih hemat.

Transportasi umum yang ada di Korea Selatan adalah bis, kereta bawah tanah, kereta super cepat, taksi, dan pesawat domestik. Selama 6 hari di Korea transportasi yang sering kami gunakan adalah kereta bawah tanah dan bis sedangkan taksi hanya pada saat dari bandara ke hostel dan sebaliknya. Metoda pembayaran untuk bis dan kereta bawah tanah menggunakan kartu T-Money yang bisa kita beli di bandara atau di mini market dan bisa diisi ulang, pengisiannya bisa di stasiun kereta bawah tanah atau di mini market. Untuk bis bisa juga cash tapi lebih simpel sih mending pake T-Money kecuali kalau bis yang keluar dari Seoul pembayarannya pakai cash.

Bis-bis di Korea memiliki kode warna untuk membedakan pengoperasiannya, bis warna kuning beroperasi untuk didaerah sub district, bis warna biru beroperasi antar sub district, bis warna hijau beroperasi antar sub district dengan rute yang lebih pendek dari bis warna biru, dan bis warna merah beroperasi untuk jalur luar kota. Kebiasaan di Indonesia jangan dibawa ke negara ini ya :f: kita harus menunggu bis di tempat-tempat yang sudah disediakan tidak bisa menyetop dimana saja kita suka, disetiap halte bis sudah dipasang peta dan rute bis jadi tinggal lihat bis nomer berapa harus nunggu di halte mana. Masuk ke dalam bis juga harus antri dengan tertib masuk satu per satu ngga boleh rebutan. Bis di sana sangat on time telat 1 menit saja sudah ditinggal, ngga ada tuh supir yang nunggu kita meskipun sudah didepan mata sambil berlari-lari.

transportasi bis
jalur setiap bis dibedakan dari warnanya

Kereta api bawah tanah (subway), kereta ini menghubungkan setiap wilayah yang ada di Seoul seperti halnya di halte bis ada peta dan rute, begitupun di stasiun subway terpampang peta dan rute, jujur saya ngga bisa baca rute subway terlalu menjelimet liat jalur-jalurnya :f: ngikut pantat temenku aja dia naik saya naik dia turun saya ikut turun. Setiap akan berhenti distasiun akan ada pemberitahuan dalam bahasa Korea dan bahasa Inggris. Kereta subway iniakan penuh berjejalan dijam-jam 08.00 dan 19.00, jarang deh dapat tempat duduk tapi jika siang hari dipastikan dapat tempat duduk. Saat penuh dan melihat dipojokan ada kursi kosong jangan sembarang langsung duduk ya, soalnya itu diperuntukan buat para manula dan ibu hamil. Untuk mencapai subway pastinya ada tangga turun naik, enak sih kalau ada eskalator tapi kadang ada juga yang tidak menyediakan eskalator jadi harus siap naik turun menggunakan tangga kecuali utnuk para manula disediakan lift. Sekali waktu kami pernah bertanya rute subway kepada seorang manula eh dia memberi isyarat agar kami semua mengikuti dia karena dia tidak bisa bahasa Inggris, ia ajak kami masuk ke lift dan kami semua ragu dong untuk ikut masuk tapi dia tarik salah satu tangan temanku dengan berbicara bahasa Korea dan bahasa tarzannya menyuruh semua masuk, ternyata dia mengantarkan kami ke tempat kereta dengan rute yang kami tanyakan, hmmm lumayan ga perlu turun naik pake tangga :f:

peta rute subway

kereta bawah tanah

iklan yang banyak terpampang di stasiun subway, iklan operasi plastik kalau diperhatiin mukanya jadi pada mirip tuh












No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...