Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Monday, April 22, 2013

Kuliner Negeri Ginseng

Kalau ngomongin soal makanan Korea Selatan suka inget drama serial TV Dae Jang Geum, tukang masak istana jaman Dinasti Joseon. Kalau liat teknik dan hasil memasaknya hmmm bikin mupeng dan kagum. Makanan khas Korea itu banyak banget, enam hari di Korea kalau mau wisata kuliner kurang cukup dan karena saya muslim harus milih-milih juga. Soal rasa ? tergantung dari lidah masing-masing, jika tidak suka asin dan gurih pasti sangat cocok dengan semua makanannya apalagi sudah pasti makanan khas Korea itu sehat, apapun makanannya selalu ada ginseng menyertai dan selalu ada kimchi. Porsi makanannya buanyak banget bisa buat berdua malah kalau yang makannya sedikit sih bertiga juga bisa.

Kimchi ini selalu ada setiap order menu, hampir semua sayuran sepertinya bisa dibuat jadi kimchi, rasanya pedas agak pahit dikit ada juga pedas asam, tapi pedasnya ngga kaya pikset ya dan selalu disajikan dalam keadaan dingin
samgyetang, ni makanan yang saya inginkan dari sebelum berangkat, satu ekor ayam yang didalamnya disumpelin nasi ketan disajikan bersama kuah dan ditaburi banyak rempah-rempah
chicken BBQ
ini saya lupa namanya, sea food dengan kuah kental ditambah sayuran dan kerupuk nasi kalau di desa saya sama kali dengan raginang
Gurita
ini juga lupa namanya tapi rasanya 100% sayur asem Indonesia bedanya cuma ditambahin udang dan cumi
telur dicampur sayuran
Selain makanan berat, Korea juga punya cemilan atau jajanan yang enak malah menurut saya sih lebih enak cemilannya daripada makanan beratnya. Cemilan ini banyak dijual dipinggir jalan atau di pasar-pasar harganya mulai dari 1000-5000 won.

cemilan yang paling saya suka, cumi, udang, sayuran
rasanya kaya biji nangka
cumi bakar yang diris tipis panjang
cemilan kue-kue, rasanya enak apalagi yang isisnya gula merah
cemilan gurih, rasanya kaya pangsit




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...