Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Monday, March 25, 2013

Winter in Seoul

Satu tahun yang lalu saya iseng komen di grup anak Unpad, komen untuk salah satu teman saya yang lagi menyalurkan hobi travelingnya, karena dompetnya memang mendukung dia lebih tertarik untuk keliling dunia, isenglah saya bilang "kalau ada rencana ke korea selatan ajak-ajak ya". Beberapa hari kemudian dia kirim bbm lewat japri menanyakan keseriusan saya berangkat ke korea, ga enak juga kan kalau saya langsung ngacir ga bertanggungjawab terhadapan omongan sendiri, jadi tanpa bertanya dan meminta ijin akang, saya langsung bilang OK dengan syarat  harus berangkat pada saat musim winter biar saya bisa menikmati salju.

Was-was dong meskipun berangkat setahun lagi, takutnya tabungan ga cukup, selain buat persiapan wisata di sana pasti juga harus menyiapkan perlengkapan musim dingin yang katanya harganya lumayan menguras dompet. Sepatu boot, jaket tebal, syal, sarung tangan, tutup telinga, kaos kaki tebal, perlengkapan yang katanya wajib dibawa buat wisata musim dingin.

Visa selesai dua minggu sebelum keberangkatan, hostel sudah di booking,  print out  tiket pesawat garuda sudah dikirim via email plus ittinerarynya. Berangkat dari air port soeta menuju Incheon jam 23.20 tapi kami sudah stand by dari jam 19.00 karena takut macet dijalan, sampai di Incheon jam 08.30 waktu seoul. Perbedaan waktu Indonesia dengan Seoul cuma 2 jam lebih dulu di Seoul.

Sampai di Incheon Air Port kita menggunakan taksi menuju Hong-Dae, supir taksi awalnya meminta 120.000 won tapi setelah tawar menawar akhirnya sepakat dengan harga 100.000 won plus bayar tol 8000 won #kirain cuma di Indonesia aja bayar tol#

Kira-kira satu jam kami sampai di Hong-dae Pencil Guesthouse & Hostel, 149-11, Dong-kyo Dong, Mapo Gu, Seoul, South Korea tempat kami menginap #jangan tanya jarak karena saya agak bloon kalau soal km or m# dengan harga 76.000 won/malam untuk berdua. Yang bikin mangkel di dada, hostel ini cuma ada tangga doang ga ada lift sementara kita dapat kamar di lantai 4 :k: males banget harus bawa koper gede ke atas jadi saya minta tolong karyawannya yang angkut koper kita, no tips soalnya saya kesel di kasih kamar paling atas sementara teman-teman saya ada di lantai dasar.

Ittinerary ga kepake, ga ada yang sesuai soalnya terlalu banyak destinasinya sementara kita cuma mengandalkan kaki dan kereta sub way, terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk perjalanan dari satu tempat ke tempat berikutnya. Hari pertama kami mengunjungi N Tower sekaligus makan siang, ngubek-ngubek Myeongdong market sampai malam. Hari kedua rencananya Nami Island tapi karena ketinggalan bis akhirnya kami menuju Bukchon Hanok Village, The National Folk Museum of Korea, dan Insandong market. Hari Ketiga Nami Island, dan Lotte World. Hari Keempat Deoksugung Palace, Namdaemun market, Trick Eye Museum, dan Cheonggyecheon Stream. Hari kelima Jisan Forest Ski Resort, Ginseng Centre, dan balik lagi ke Insandong market.

Hari keenam, jam 06.00 waktu seoul kami dijemput oleh taksi yang mengantarkan kami dengan harga yang sama, karyawan hostel sempat heran kenapa kami bisa mendapatkan taksi dengan harga murah. Pesawat berangkat menuju Indonesia jam 10.35 dan sampai di Soetta Airport jam 15.40 WIB.

Liburan di negara Korea Selatan...tempat wisatanya biasa aja, ga ada yang menarik kecuali saljunya, tetep Indonesia jauh lebih indah cuma sayang ga punya salju. Wisata kulinernya buat lidah saya kurang pas karena saya ini penyuka makanan gurih sementara hampir semua makanan yang saya pesan pasti rasanya hambar. Wisata belanjanya...ehmmmmm ok banget :f: harganya bikin ga bisa berhenti belanja.

Cerita lebih lengkapnya nanti setelah pulang dari tugas kantor ke Yogyakarta, ini cuma pembukaan biar saya merasa punya hutang cerita. Pada intinya yang saya suka liburan di Korea Selatan adalah Salju dan Belanja :f: