Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Tuesday, January 22, 2013

Istana Air...Saat sang Raja memilih Selirnya

Berpuluh kali saya menginjakkan kaki di kota Jogjakarta tapi baru dengar yang namanya Istana Air :f: oon banget ya, padahal tempat ini adalah salah satu warisan budaya, yang saya tahu cuma keraton doang, masya Allah, kemana aja neng !!!! makanya dalam trip Jogja-Semarang ini saya menyempilkan tempat ini dalam itinerary yang sudah dibuat, rencananya sih hari ketiga ini kami melakukan Lava Tour lalu ke Istana Air karena Joe mengalami demam akhirnya Lava tour batal dan sambil menunggu waktu untuk berangkat ke Semarang saya berdua bersama akang mampir sebentar di Istana ini.

Istana Air atau juga dikenal dengan nama Taman Sari atau kalau lihat di papan namanya adalah Pulau Cemeti Taman Sari terletak di Jl. Taman, Kraton, ngga jauh dari tempat kami menginap.  Setelah memarkirkan kendaraan, kami didatangi oleh sesorang pria berusia sekitar 40an, dikira dia adalah tukang parkir yang akan menunjukan arah menuju Istana Air ternyata dia terus mengikuti kami sambil menceritakan sejarah Istana ini, hmmm ternyata tanpa permisi tanpa persetujuan dia menjadi pemandu wisata kami, ya sudahlah kasian juga kalau diusir. Istana ini terdiri dari beberapa bangunan, taman air sebagai tempat pemandian para selir raja dan anak-anak, Mesjid bawah tanah yang sudah tidak digunakan lagi, dan bangunan-bangunan kecil di sekitar taman.

pintu masuk dari belakang istana, ininyambungnya ke masjid bawah tanah dulu


bangunan istana ini banyak yang rusak akibat gempa, patung yang ada diatas bangunan sekarang tergelatk dibawah tanah
Konon katanya dulu bangunan taman air dikelilingi air, dari keraton menuju istana ini, sang Raja akan menggunakan rakit, imajinasi saya langsung deh jalan kayanya saat itu pasti taman air ini asri banget, berasa ada di tengah danau kali ya apalagi airnya yang jernih dengan ukuran kolam-kolamnya yang besar, ihhh mau deh jadi salah satu wanita yang mandi di taman ini terus ditaksir raja tapi ga mau jadi selir maunya jadi Ratu :f: imajinasi saya terhenti saat melihat sekeliling taman ini ko ya rumah-rumah melulu :g: ga terlihat kalau dulu taman ini dikelilingi air. Menurut pemandu, rumah-rumah yang berdiri disekitar taman ini adalah para abdi keraton, mereka mendapat tanah secara cuma-cuma dari Raja sebagai imbalan sudah mengabdi, lama-kelamaan abdi yang beranak cucu semakin membuat sekeliling taman ini menjadi penuh sesak oleh rumah-rumah mereka. Sayang ya...

dulu bangunan istana ini dikelilingi air tapi sekarang dikelilingi rumah
Istana air ini tidak hanya digunakan untuk tempat mandi Raja, para selir Raja dan anak-anak Raja tapi juga sebagai tempat menerima tamu-tamu kerajaan, tempat meditasi raja, tempat berlatih kemiliteran, tempat para selir membatik, dan sebagai benteng pertahanan. Yang menarik buat saya adalah ketika pemandu bercerita tentang rutinitas mandi yang dilakukan di kolam istana air, ternyata kolam tersebut adalah salah satu tempat dimana Raja akan memilih selirnya, jadi para gadis akan dipersilahkan mandi lalu Raja akan mengintip dari atas, memilih mana gadis yang membuat dia tertarik, kemudian gadis tersebut akan di bawa mandi di kolam sang Raja lalu masuk ke ruang tidur, ngapain ???? :e: ga pake penghulu dulu dong

kolam tempat para gadis mandi untuk dipilih oleh sang Raja, kolamnya sih mirip dengan kolam yang digunakan anak-anak raja bedanya dibalik gedung itu ada kolam raja dan menara tempat Raja mengintip
dari atas menara sang Raja akan mengintip para gadis mandi lalu memilih yang paling cantik # matanya Raja bintitan ga ya, kebanyakan ngintip#
kolam tempat anak-anak raja mandi, dibalik bangunan itu dulu adalah danau buatan, sekarang menjadi rumah-rumah para keturunan abdi kerajaan

setelah bermain air, sang gadis akan dibawa ke tempat pembaringan dan dijadikan selir, enak banget ya jadi Raja

didekat tempat pembaringan Raja ada ruang pakaian dan ada tempat bercermin yang unik, jadi wadah tersebut diisi air nah Raja atau selir kalau abis mandi bisa dandan menggunakan cermin air ini, lucu




saat sang Raja menemukan pilihannya :f: tp yang ini cuma satu seumur hidup :d:

hiasan yang ada di setiap kolam
setelah Raja menemukan gadis pilihannya, gadis itu akan dibawa mandi di kolam Raja
Sementara bangunan Mesjid yang ada di bawah tanah bentuknya melingkar, untuk wanita ada di bagian paling bawah sementara para pria ada di bagian atas. Ga ada yang bisa saya ceritain lebih banyak soal mesjid, lupa lagi :f:
tangga masuk ke mesjid bawah tanah

tempat imam dan tangga yang menghubungkan mesjid bagian atas dengan bawah
lorong mesjid dan jendela mungilnya

hasil karya anak bangsa kita yang tidak pernah menghargai alam dan warisan budaya :k:

di taman ada beberapa bangunan kecil untuk para selir beraktifitas atau tempat meditasi raja, dan bangunan tempat menerima tamu atau aktifitas dalam hal meiliteran




back                                                                                                                                            next

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...