Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Thursday, October 11, 2012

Manfaat teh hijau

Pagi-pagi berselancar di dunia maya, baca-baca artikel mulai dari gosip, kriminalitas, penyakit dan foto-foto artis luar negeri yang memakai botox serta ilustrasi jika wajah mereka tanpa bantuan operasi, yang lucu liat madona dengan kulit keriputnya :f: tapi yang menarik dan membuat saya ingin menyimpan di blog ini adalah tentang teh hijau.
Teh hijau terbuat dari daun teh yang belum difermentasi. Karena itu kandungan alaminya masih sangat terjaga. Satu gelas teh hijau mengandung setidaknya 50-150 mg polifenol, zat antioksidan yang kaya manfaat. Bahkan kandungan antioksidan dalam teh hijau lebih besar daripada seporsi bayam, brokoli, atau stroberi. Meminum teh hijau secara rutin terbukti dapat mengurangi jumlah radikal bebas. Selain itu, teh hijau mengandung banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.


UNTUK KECANTIKAN

Pelindung alami dari sinar matahari
Baik sebagai minuman maupun dioleskan pada kulit, teh hijau memiliki efek perlindungan terhadap sinar matahari. Jika ingin digunakan langsung pada kulit, seduh dua sendok makan daun teh hijau. Biarkan sampai dingin lalu saring dengan bahan kain yang lembut. Gunakan kain yang basah tersebut untuk mengompres bagian yang akan terkena sinar matahari. Biarkan sampai kering. Lakukan ini setidaknya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari. 

Mengatasi mata panda

Kurang tidur seringkali menyebabkan kantung mata atau mata bengkak. Hal ini bisa juga diatasi dengan kandungan tanin yang terdapat dalam teh hijau. Gunakan bekas kantung teh hijau yang sudah diseduh atau simpan secangkir teh hijau celup di dalam lemari es semalaman. Kompres di atas mata yang tertutup selama 20 menit. Kandungan tanin bisa membantu mengurangi bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar mata.

Menyuburkan rambut
Teh hijau juga terkenal meningkatkan metabolisme yang bisa turut merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa produk rambut seperti serum atau shampo juga sering menggunakan panthenol yang terkandung dalam teh hijau. Panthenol bisa membantu memperkuat rambut dan mengurangi risiko rambut bercabang.

Jerawat dan muka berminyak
Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang ada di dalam teh hijau, bisa menciptakan toner alami yang sempurna untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Tuangkan teh hijau pada cetakan es lalu masukan dalam freezer. Setelah terbentuk menjadi es, gunakan satu blok pada wajah setiap hari dengan mengoleskannya secara merata. Lalu, diamkan hingga kering. Masker wajah dari teh hijau juga dipercaya bisa mengurangi jerawat. Kantong teh yang dikompres langsung pada jerawat atau membuat masker daun teh hijau yang dicampur dengan putih telur dipercaya bisa mengurangi timbulnya jerawat. Tentunya perawatan ini harus dilakukan secara teratur. 

Membuat kulit tampak awet muda
Banyak hal yang dapat menyebabkan kulit kita terlihat lebih tua dari yang seharusnya: polusi, rokok, paparan sinar matahari, dan diet tidak sehat adalah yang paling populer. Kabar baiknya garis-garis halus, keriput dan bintik matahari semua dapat diobati dengan sentuhan teh hijau. Bila Anda pernah berburu produk anti penuaan di toko-toko, pastikan anda memilih yang yang menggunakan ekstrak daun teh hijau karena ini akan membantu secara alami menghapus setiap garis-garis halus dan bintik-bintik usia yang mungkin Anda miliki sehingga kulit anda tampak awet muda.


UNTUK KESEHATAN

Penangkal radikal bebas
Khasiat dari  teh hijau untuk kesehatan yaitu dapat menangkal pengaruh buruk radikal bebas. Radikal bebas adalah sisa hasil metabolisme yang dapat berikatan dengan berbagai macam molekul dalam tubuh seperti protein, lemak,dan DNA yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, penuaan dini, peningkatan kolesterol jahat (LDL), parkinson dll. Antioksidan dalam green tea dapat menetralisir radikal bebas yang diproduksi dan menurunkan kadar kolesterol. Antioksidan dalam teh juga dapat menurunkan faktor resiko kanker bahkan pasien arthritis juga dapat merasakan perbedaan signifikan dengan meminum teh hijau secara rutin.

Sebagai suplemen untuk penurun berat badan
Teh hijau dapat digunakan sebagai suplemen untuk mempercepat menurunkan berat badan dan membentuk perut. Meskipun diet sehat dan olahraga faktor utama yang paling berkontribusi terhadap penurunan berat badan tetapi teh hijau mampu membuatnya jauh lebih mudah karena teh hijau berkhasiat mempercepat metabolisme dan membersihkan toksin-toksin yang terikat pada jaringan lemak yang berarti lebih banyak pembakaran lemak. Selain itu juga berkhasiat meningkatkan oksidasi sel-sel lemak kita sehingga lebih banyak energi yang diproduksi daripada minuman berkafein tinggi.

Membantu kebersihan mulut dan gigi
Teh hijau alami memiliki fluoride di dalamnya, meskipun tingkat rendah, namun hal ini membantu mencegah gigi berlubang. Ini juga akan menyingkirkan bau mulut penyebab bakteri dalam mulut kita, sehingga setelah meminum secangkir teh hijau, anda akan memiliki napas yang lebih segar.


Tapi dari semua manfaat teh hijau diatas ternyata teh hijau ini juga memiliki efek samping. Teh hijau memang berkhasiat menurunkan berat badan, mengurangi kerontokan rambut, serta mengeluarkan racun dalam tubuh. Namun,  sebaiknya tidak diminum secara berlebihan. Karena dapat menyebabkan  sembelit atau diare, muntah, bahkan sakit kepala. Kafein dalam teh hijau juga dapat menyebabkan sulit tidur. Untuk mendapatkan khasiat yang optimal dari teh hijau, ada beberapa syarat dalam penggunaannya :
  1. Pilih teh hijau yang masih segar karena baik untuk tubuh. Bisa juga  minum teh hijau yang sudah diseduh  tapi pastikan tidak disimpan lebih dari satu jam. Jika teh disimpan dalam waktu lama, maka akan kehilangan vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam teh hijau. Sifat antibakteri dalam teh hijau juga berkurang jika terlalu lama tidak dikonsumsi.
  2. Konsumsi satu jam sebelum makan terutama bagi orang yang sedang berdiet karena bermanfaat menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan dalam waktu lama.
  3. Jangan terlalu banyak digunakan karena  bahan-bahan dalam teh hijau memiliki efek samping pada tubuh. Teh hijau yang kuat atau pekat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sulit tidur, dan jantung berdebar untuk beberapa lama.
  4. Pastikan hanya dua hingga tiga cangkir karena jika  lebih dari dua hingga tiga cangkir dapat membahayakan tubuh Anda.

Supaya manfaat teh hijau ini maksimal maka ada cara terbaik menikmati teh hijau, yaitu :
  1. Gunakan air hangat, bukan air mendidih untuk menyeduh teh hijau. Air yang terlalu panas bisa merusak kandungan antioksidan pada teh hijau sehingga menghilangkan manfaatnya. 
  2. Seduh teh hijau maksimal selama 2 menit. Menyeduhnya terlalu lama akan merusak rasa aslinya. Jika ingin memperoleh rasa yang kuat sebaiknya tambahkan daun teh atau kantung teh saat menyeduh, bukan dengan membiarkan menyeduhnya lebih lama. 
  3. Jangan aduk teh hijau saat sedang menyeduhnya. Tindakan ini bisa membuat rasa teh hijau menjadi pahit. 
  4. Hindari mencampur teh hijau dengan susu. Kandungan susu bisa mempersulit penyerapan polifenol yang kaya manfaat. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...