Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Thursday, February 23, 2012

[Belitung] Kota 1001 warung kopi...Manggar

Manggar adalah ibu kota kabupaten yang terletak di Pulau Belitung sebelah timur.  Kota ini merupakan tempat lahir dan tinggalnya ka Lisa jadi daerah ini adalah tujuan pertama kami. Dari Bandara Tanjungpandan naik angkutan elp menuju Manggar. Sepanjang perjalanan di kanan kiri terlihat perkebunan sawit, pohon-pohon gelam, keremunting, semak belukar  dan juga banyak bekas-bekas tambang timah. 

Ternyata ga susah mencari rumah ka Lisa karena semua orang kenal dia secara dia itu adalah seorang bidan di Manggar, jadi saat supir elp tanya tujuan kami dia langsung menawarkan diri mengantarkan kami langsung depan rumahnya. Dengan membayar Rp 25.000 sampailah kami di rumah ka Lisa, disambut oleh anak dan suaminya karena ka Lisa sedang praktek. Mereka sangat pengertian kalau kami berempat kelaperan, disuguhi makanan khas Belitung yaitu sop gangan #lupa ga foto saking lapernya# sop yang didalamnya terdapat ikan dan ubi dengan kuah warna kuning hmmmm enaaaak banget apalagi rasanya pedes. Selesai makan dan bersih-bersih, mereka mengajak kami keliling kota Manggar.

Rumah kak Lisa yang menyatu dengan tempat prakteknya
 
Manggar terkenal dengan warung kopinya dan juga laskar pelanginya. Tentang laskar pelangi udah dibahas sedikit sebelumnya diblog ini, tentang warung kopi hmmmm ini dia ciri khas yang tidak bisa lepas dari kota ini, terdapat hampir seratus lebih warung kopi yang terdapat di Manggar, biasanya pada malam kamis dan malam minggu warung-warung kopi banyak dikunjungi. Keberadaan warung-warung kopi ini bisa kita lihat disepanjang jalan, setiap warung tentunya sudah punya langganannya sendiri.  Katanya kopi Manggar itu memiliki ciri khas tersendiri tentang cara pembuatannya dan racikannya, tapi belum saya buktikan enak atau engganya karena saya bukan penggemar kopi. Dan cara penduduk kota ini meminumnyapun agak unik buat saya, si cangkir dibalik lalu airnya diseruput lewat piring kecil yang merupakan alas dari cangkirnya.

kopi manggar

para penikmat kopi kecuali saya
Meskipun kota ini terkenal dengan warung kopinya dan mungkin saat ini juga terkenal dengan daerah para laskar pelangi yang buat khusus replikanya, bukan berarti daerah ini tidak memiliki tempat-tempat wisata yang bagus, ada bukit samak, bandoeng river, pantai lalang, dan pantai serdang. Selain itu menurut saya rumah-rumah di Manggar juga unik dan sangat mahal padahal kalau dilihat dari bangunannya biasa banget.

rumah khas manggar dengan harga jual kisaran 250 juta rupaih



back                                                                                                                                            next





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...