Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Sunday, July 15, 2012

Explore Cirebon yu !!!

Kurang lebih 6 tahun saya tinggal di Cirebon tapi kalau ditanya masalah kuliner Insya Allah bisa kasih info tempat makanan dan makanan yang menurut saya enak, tapi kalau  ditanya "di Cirebon tempat apa yang bagus untuk dikunjungi ?" bingung deh jawabnya soalnya rutinitas saya setiap pulang kerja selain memanjakan diri ditempat tidur dan kuliner paling cuma yoga dan bertemu dokter gigi, menginjakkan kaki di mall bisa dihitung jari. Malu juga ya tidak mengenal tempat yang kita tinggali makanya saat ada kesempatan saya minta teman-teman yang asli orang Cirebon untuk mengunjungi beberapa tempat yang dijadikan objek wisata oleh pemerintah daerah kota maupun kabupaten Cirebon.

Sebelum mengunjungi beberapa tempat wisata di Cirebon, kita kenali dulu kota ini, Cirebon adalah sebuah kota yang ada di Jawa Barat tepatnya dipesisir utara Jawa perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat, yang menjadikannya jembatan antara budaya sunda dan budaya jawa sehingga bahasa yang digunakanpun  campuran sunda dan jawa. Cirebon dikenal juga dengan nama kota udang atau kota wali. Disebut kota udang karena Cirebon berada di daerah pesisir laut yang hasil tangkapan lautnya banyak mendapatkan udang, ada juga yang mengatakan bahwa Cirebon itu dari dua kata chi dan rebon ,chi sendiri artinya air dan rebon itu udang. Selain dijuluki kota udang kota ini disebut juga kota wali karena Cirebon pernah menjadi pusat tempat kegiatan walisanga  dalam penyebaran dakwah Islam setelah wafatnya Sunan Ampel yang dipimpin oleh Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah.

Cirebon pada awalnya adalah sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa dan berkembang menjadi sebuah desa yang ramai yaitu desa Caruban  yang kemudian mengalami perubahan pengucapan menjadi Cirebon, dimana penduduknya merupakan para pendatang yang berbeda bangsa, budaya, agama, dan bahasa. Makanya kebudayaan cirebon itu banyak dipengaruhi oleh budaya cina, arab, sunda dan jawa. Anak Ki Gedeng Tapa yaitu Nyi Mas Subanglarang menikah dengan Prabu Siliwangi seorang Raja Kerajaan Pajajaran yang kemudian memiliki anak bernama Raden Walangsungsang, Nyi Larang Santang, dan Raden Sangara. Karena Raden Walangsungsang memilih memeluk agama yang dianut oleh ibunya yaitu Islam maka posisinya sebagai putera mahkota Raja Pajajaran digantikan oleh adik tirinya yaitu Prabu Surawisesa sementara Raden Walangsungsang mendirikan istana Pakungwati dan membentuk pemerintahan di Cirebon dengan gelar Pangeran Cakrabuana. Pangeran Cakrabuana menikahkan putrinya Nyi Mas Pakungwati dengan anak adiknya Nyi Larang Santang yaitu Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati kemudian diberi gelar Sultan Cirebon I, pada masanya Cirebon mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pesat, beliau membuat sebuah maklumat kepada Prabu Siliwangi  untuk tidak mengirim upeti lagi sebagaimana biasanya yang sering dilakukan oleh Pangeran Cakrabuana yang kemudian memicu peperangan antara kesultanan Cirebon dan Raja Galuh  yaitu sebuah kerajaan dibawah wilayah kekuasaan kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi, yang dimenangkan oleh kesultanan Cirebon. Setelah kemenangan tersebut, berdirilah Kerajaan Cirebon yang menandai diawalinya Kerajaan Islam Cirebon dan menjadi Kerajaan Islam ternama pada abad ke 15 dan 16 Masehi. Setelah terjadi perpecahan antara keturunan Sunan Gunung Jati, yang menjadikan kedudukan kesultanan Cirebon menjadi lemah  maka pada tahun 1681 Cirebon secara politik dan ekonomi berada di bawah pengawasan VOC.

Dari sekilas sejarah diatas, maka bila mengunjungi Cirebon banyak wisata yang bisa kita kunjungi seperti wisata sejarah dan budaya, wisata ziarah, wisata air dan wisata kuliner :
  1. Wisata sejarah dan budaya dimana kita bisa mengunjungi situ-situs peninggalannya seperti Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Keraton Kepabron, Taman Gua Sunyaragi dan bangunan-bangunan tua masa penjajahan Belanda. Semua situs ini memiliki arsitektur dari gabungan budaya Islam, Cina dan Belanda. Selain itu juga ada kerajinan rotan dan batik.
  2. Wisata ziarah di Cirebon, menawarkan kisah dari para wali dan peninggalannya seperti komplek makam Sunan Gunung Jati, Mesjid Merah, dan Klenteng kuno.
  3. Wisata air, yang ditawarkan adalah pantai KejawananSetu Patok dan  Taman Ade Irma.
  4. Wisata kuliner dimana banyak makanan khas Cirebon yaitu sega jamblang, sega lengko, tahu gejrot, mie koclok, docang, sambel asem, pedesan entog, kerupuk melarat, tahu dan nasi intip, empal gentong, ketoprak, bubur sop, kerupuk udang dan ikan, berbagai macam ikan asin, terasi, berbagai macam makanan sea food dan lain-lain.
Ternyata banyak kan tempat yang bisa dikunjungi jika datang ke Cirebon, bagus tidaknya tempat wisata di Cirebon atau enak tidaknya makanan khas Cirebon akan saya coba buktikan bersama teman-teman, tapi semua dilihat dari kacamata saya dan lidah saya yang tentunya semua orang pasti punya penilaian yang berbeda.  

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...