Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Saturday, April 07, 2012

Pesona Tangkuban Perahu

Di daerah Jawa Barat terdapat beberapa gunung berapi yang masih aktif salah satunya adalah gunung Tangkuban Perahu, gunung ini terletak di Bandung utara yang memiliki ketinggian 2084 m. Kalau dilihat dari kejauhan puncak gunung ini bentuknya seperti perahu terbalik sehingga menciptakan sebuah legenda dikalangan masyarakat sunda yaitu legenda sangkuriang yang bercerita tentang seorang anak yang jatuh cinta kepada ibunya. Benar atau tidaknya saya tidak tahu tapi bentuk puncak tersebut terlihat seperti perahu terbalik katanya karena gunung ini memiliki banyak kawah yang memanjang dan berdekatan sehingga dari kejauhan tidak terlihat mengkerucut.



Tapi ga ada salahnya kan kita tahu cerita legenda masyarakat sunda tentang gunung ini, mungkin dulu legenda ini lahir untuk dongeng sebelum tidur bagi anak-anak. Diceritakan seorang putri anak bangsawan, dayang sumbi, kehilangan jarumnya kemudian dia bersumpah jika wanita yang menemukan maka akan diangkat menjadi saudaranya tapi jika laki-laki akan dijadikan suaminya, ternyata yang menemukannya adalah seorang anjing jantan, si tumang, maka demi memenuhi janjinya mereka menikah dan tinggal dihutan. Lahirlah seorang anak yang diberi nama sangkuriang sejak lahir dia tidak tahu bahwa anjing yang selalu menemaninya berburu adalah ayahnya sampai suatu hari dia tidak mendapatkan daging buruannya, akhirnya dia membunuh si tumang dan dagingnya diberikan kepada ibunya untuk dimasak, saat ibunya terus menanyakan keberadaan si tumang akhirnya sangkuriang menceritakan kebenarannya dan dayang sumbi menjadi marah lalu memukul kepala sangkuriang dan mengusirnya. Setelah bertahun-tahun diceritakan sangkuring menjadi seorang pemuda tampan yang memiliki ilmu kesaktian dan dayang sumbi di usia tuanya  masih terlihat sangat muda, suatu hari mereka berdua bertemu dan jatuh cinta tanpa mengetahui siapa mereka masing-masing dan berencana untuk menikah, disaat sedang memadu cinta dayang sumbi melihat luka dikepala sangkuriang, dia panik ketika mengetahui cerita sangkuriang tentang masa kecilnya, akhirnya dengan berbagai cara dia mencoba menggagalkan pernikahan tapi sangkuriang tetap tidak mau pergi dari hidupnya, maka dayang sumbi memberi sebuah persyaratan jika sangkuriang bisa membuat perahu dalam semalam maka dia akan menikahinya. Syarat tersebut diterima karena sangkurinag memiliki kesaktian, saat hari sudah hampir pagi perahupun hampir selesai, dayang sumbi panik kemudian meminta kepada sang pencipta alam agar pagi segera tiba, akhirnya doa dayang sumbi dikabulkan, ayam mulai berkokok maka sangkuriang kalah dia tidak bisa menyelesaikan perahunya, akhirnya dengan kemarahannya dia tendang perahu itu ke arah gunung, dengan posisi terbalik perahu itu menempel pada puncaknya yang kemudian gunung tersebut diberi nama tangkuban perahu yang artinya perahu terbalik.

Cerita legenda itu masih saja menempel dikepala saya, saat saya SD berarti tahun delapan puluhan diajak bapak nonton bioskop yang bercerita tentang legenda tangkuban perahu, dibintangi oleh suzana dan clif, ceritanya benar-benar terpatri dalam ingatan saya seperti juga gunung tangkuban perahu yang tidak pernah membuat saya bosan mengunjunginya. Kalau dihitung-hitung, saya menginjakkan kaki di gunung ini lebih dari 10 kali, bersama keluarga, teman sekolah saat SMP dan SMA, teman-teman kuliah, teman kerja dan teman pelatihan. Yang paling sering sih saat SMP dan SMA, seru-serua trekking dari jayagiri sampai puncak.




Gunung ini memiliki pesona yang tidak pernah padam, untuk menikmati bau belerang dari kawah ratu dan sejuknya udara diatas puncak gunung kita bisa langsung menuju puncak tanpa harus lelah berjalan karena dengan infrastruktur yang sangat baik pengunjung bisa langsung mencapai puncak dengan menggunakan kendaraan. Tapi jika ingin lebih merasakan keindahan alamnya bisa mulai trekking dari Jayagiri.

Selain kawah ratu, gunung ini memiliki beberapa kawah yang aktif yaitu kawah domas, kawah upas, kawah jurig, kawah baru, kawah jarian, kawah siluman, dan paguyangan badak. Banyaknya kawah ini terbentuk karena banyaknya letusan pada 1.5 abad yang lalu. Diantara kawah-kawah tersebut yang paling besar adalah kawah ratu, yang paling mudah dicapai dan yang paling banyak dikunjungi pengunjung adalah kawah ratu dan kawah upah,  yang agak sulit dicapai dan cukup melelahkan adalah kawah domas  tapi di kawah ini kita bisa melihat sumber air panas malah banyak yang mencoba merebus telur, sedangkan kawah-kawah lainnya masih mengeluarkan asap yang mengandung racun sehingga pengunjung dilarang mengunjunginya.

bersama keluarga besar distanbunakhut

jalan-jalan setelah beres ujian penyetaraan di Bandung bersama teman-teman pemkab Cirebon













No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...