Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Sunday, December 04, 2011

Tempat menebus kesalahan di Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan merupakan sebuah pulau yang terletak di Jawa Tengah, lebih dikenal sebagai rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan atau bisa juga dibilang Al Catraznya Indonesia. Bila mendengar nama tempat ini rasanya seperti tempat yang menyeramkan karena berkaitan dengan para penghuni rumah tahanan yang sebagian besar merupakan orang yang melakukan kriminalitas kelas kakap. Pulau ini  berstatus sebagai cagar alam, selain sering digunakan untuk latihan militer juga merupakan habitat bagi pohon-pohon langka seperti kayu plahlar dan tumbuhan khas yang sering dipakai ritual budaya jawa, maka dari itu dinamakan Nusakambangan yang artinya bunga-bungaan.  Untuk mencapai pulau ini kita harus menyebrang dengan kapal feri dari pelabuhan Wijayapura ke pelabuhan Sodong, feri ini khusus beroperasi untuk kepentingan pemindahan narapidana dan melayani kebutuhan transportasi pegawai LP.

Banyak tempat indah di sekitar pulau ini yang bisa dijadikan objek wisata menarik, seperti pantai Permisan, pantai Teluk Penyu, gua peninggalan VOC, Mercusuar Cimiring, dan benteng peninggalan Portugis. Sayangnya saat aq mengunjungi pulau ini sama sekali ga kemana-mana hanya menyebrang sampai pintu Rutan terus kembali lagi hehe ngga ngerti deh panitianya bikin acara ko nanggung. tapi setidaknya aq pernah menginjakkan kaki di pulau ini dan ternyata tidak seseram yang dibayangkan.






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...