Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Monday, January 16, 2012

Museum Linggarjati

Bersama rekan-rekan KKD, setelah menunaikan kewajiban mencari bahan untuk makalah sebagai salah satu syarat kelulusan di Pemkab Kuningan khususnya Dispenda, semua sepakat mampir sebentar di Museum Linggarjati. Museum ini terletak di Desa Linggarjati Kampung Cipaku Kecamatan Cilimus, luas komplek sekitar 2,4 ha dengan luas bangunan 800 m2, berada pada ketinggian 400 m dpl.

Museum ini awalnya merupakan sebuah gubug milik ibu Jasitum, pada tahun 1921 gubug tersebut di bangun menjadi bangunan semi permanen oleh Tersana seorang warga Belanda kemudian pada tahun 1930 dibeli oleh keluarga Van Ost Dome warga Belanda yang menjadikannya tempat peristirahatan, pada tahun 1935 tempat tersebut dikontrak oleh Heikr warga Belanda dan dijadikan sebuah hotel dengan nama Hotel Rus Toord. Pada jaman Jepang hotel tersebut berganti nama menjadi Hotel Hokay Ryokan, setelah Proklamasi Kemerdekaan RI 1945 hotel tersebut menjadi Hotel Merdeka. Dan pada tahun 1946 dijadikan tempat untuk perundingan antara Indonesia dengan Belanda yang menghasilkan sebuah naskah Linggarjati tentang status kemrdekaan Indonesia tepatnya pada tanggal 10-13 November 1946.  Tahun 1948 tempat tersebut dijadikan markas Belanda kemudian tahun 1950 menjadi sebuah SD Negeri Linggarjati dan akhirnya pada tahun 1975 diserahkan kepada Dinas pendidikan dan Kebudayaan menjadi Museum.  

Semua peristiwa pada waktu perundingan bisa kita saksikan melalui peninggalan-peninggalan yang ada di museum. Bangunan terdiri dari :
  • Ruang tamu yang digunakan untuk melakukan lobi dan meeting informal
  • Ruang tengah, tempat perundingan berlangsung dan semua posisi kursi tidak berubah
  • Kamar tidur yang berseelahan dengan ruang perundingan merupakan tempat tidur yang digunakan oleh delegasi Indonesia dan Belanda 
Kamar Tidur para delegasi, maaf terlalu narsis ampe kamar tidurnya pun ketutupan hehe

Ruang belakang

halaman Linggarjati







No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...