Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Wednesday, February 15, 2012

Pulau Belitung, Negerinya para Laskar Pelangi


Belitung adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra Indonesia yang diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata, dulu dikenal dengan pulau Timah karena merupakan  penghasil timah sejak jaman Hindia Belanda.  Kalau kata Andrea Hirata sih timah adalah denyut nadi pulau Belitung.  Sejak memisahkan diri dari Provinsi Sumatera Selatan dan membentuk satu Provinsi baru yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, daerah ini mencoba tidak hanya tergantung pada timah sebagai roda perekonomiannya tapi mulai menawarkan keindahan tempatnya yaitu pantai-pantai pasir putihnya dan kejernihan air lautnya, apalagi setelah buku Laskar Pelangi menjadi best seller national banyak sekali wisatawan yang mengunjungi tempat ini. 

Laskar Pelangi adalah sebuah novel favoritku, yang bercerita tentang perjuangan seorang guru dan semangat para murid SD Muhammadiyah di Kampung Gantong Belitung untuk menimba ilmu pengetahuan dengan segala keterbatasan yang ada.  Berkali-kali ku baca dan ga pernah bosan berimajinasi larut dalam ceritanya, kadang  tertawa karena kepolosan mereka tapi juga bisa nangis karena terharu.  

peta Pulau Belitung
dari atas terlihat bekas tambang-tambang timah
Ga pernah terlintas ataupun bermimpi akan menginjakan kaki di Negri Laskar Pelangi ini, sampai suatu hari temenku alumni KKD angkatan 32, Kak Lisa, mengundang aq dan Ari ke tempat kelahirannya di Manggar Belitung,  aq langsung jawab PASTI akan datang dan maksa si Ari harus ikut. Berangkat dari Cirebon hari Jum’at, kuajak  2 ponakanku yang juga penggemar novel laskar pelangi. Perjalanan dari Jakarta-Belitung ± 50 menit  menggunakan Sriwijaya Air, dari Bandara Tanjungpandan kami naik angkutan elp menuju Manggar. Sepanjang perjalanan menuju Manggar kanan kiri terlihat perkebunan sawit, pohon-pohon gelam, keremunting, semak belukar  dan juga banyak bekas-bekas tambang timah. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...