Translate

My photo
sudah pasti isinya bukan kumpulan informasi dan tips, hanya berbagi cerita saja jika bermanfaat alhamdulilah jika menyinggung mohon maaf

Thursday, November 24, 2011

Waduk Darma Kuningan peninggalan mbah Dalem Cageur

Waduk Darma adalah sebuah waduk yang berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan yang digunakan oleh PDAM untuk mengairi warga Kuningan dan Cirebon dan juga digunakan oleh warga setempat untuk usaha dalam bidang perikanan. Tempat ini berada di Desa Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan, berada di sisi jalan utama jalur Cirebon-Kuningan-Ciamis. Fasilitas yang tersedia di tempat ini adalah areal perkemahan dan pada hari libur atau juga lebaran, biasanya dibuka wisata berkeliling waduk menggunakan perahu dan juga flying fox.


Waduk ini pertama kali dibuat oleh mbah Dalem Cageur atau dikenal juga dengan nama mbah Satori, airnya berasal dari mata air Cihanyir yang tepat berada di tengah waduk dan dari hulu sungai Cisanggarung. Pembuatan waduk ini bertujuan untuk menyalurkan hobinya dalam memelihara ikan dan juga untuk tempat bermain anaknya yaitu pangeran Gencay. Sampai suatu hari pangeran Gencay tenggelam di tengah-tengah waduk dan akhirnya waduk tersebut dibobol. Tempat tenggelamnya pangeran Gencay diberi nama Labuhan Bulan yang artinya jatuh pada saat bulan purnama. Tahun 1922 Waduk Darma kembali dibangun oleh Belanda dan sampai sekarang menjadi penyuplai air untuk masyarakat Kuningan dan Cirebon.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...